Menu

Cek Sekarang! Ini Lho Moms 5 Tanda Kamu Bukan Orangtua yang Dewasa Secara Emosional

27 Mei 2022 11:25 WIB
Cek Sekarang! Ini Lho Moms 5 Tanda Kamu Bukan Orangtua yang Dewasa Secara Emosional

Illustrasi orangtua sedang memberikan pendidikan seks kepada anak (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ternyata, walaupun sudah memiliki banyak anak, masih ada orangtua yang belum dewasa secara emosional dalam menghadapi sang anak. Padahal, memiliki kecerdasan secara emosional sangat penting untuk menjaga hubungan dengan anak lho.

Selain itu dewasa secara emosional juga berarti bertanggung jawab atas kesalahan sendiri, dan menerima sudut pandang orang lain. Sayangnya, menjadi dewasa tak sama dengan menjadi dewasa secara emosional.

Pada akhirnya, hal itu dapat membawa konsekuensi negatif pada anak-anak. Dilansir dari Brightside, berikut ciri-ciri orangtua yang belum dewasa secara emosional.

1. Hanya Mengurusi Kebutuhan Fisik

Orangtua yang belum matang secara emosional, bisa jadi hebat dalam memastikan kebutuhan dasar anak-anak mereka. Ada rumah yang nyaman, makanan yang melimpah dan pendidikan terbaik.

Tetapi hal-hal seperti itu bisa jadi tak selaras dengan dukungan emosional. Ketika anak merasa takut atau kesal akan sesuatu, orangtua akan mengabaikan perasaan tersebut karena mereka tak memahami bagaimana mengatasinya.

2. Sulit Mengekspresikan Perasaan

Dalam hal mengekspresikan emosi, orangtua yang belum dewasa secara emosional akan merasa tak nyaman melakukan hal itu. Padahal penting bagi anak untuk tahu bahwa ia dicintai.

Orangtua yang belum dewasa secara emosional akan takut terlihat rentan atau lemah di hadapan anak jika menunjukkan sisi emosional yang dalam.

Baca Juga: Waspada!!! Begini Dampak Negatif Jika Anak Nggak Dekat dengan Orang Tuanya

Baca Juga: Beauty, Ini Tandanya Kamu Udah Dewasa Secara Mental. Salah Satunya Bisa Ikhlas Memaafkan

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza