Pandemi virus corona di Indonesia masih terus berlangsung. Namun, sektor-sektor wisata sudah mulai kembali dibuka. Salah satunya adalah hotel. Beberapa orang sudah melakukan staycation atau menginap di hotel untuk refreshing setelah menjalani karantina selama pandemi berlangsung sejak awal tahun 2020.

Apakah kamu memiliki rencana liburan dengan staycation di hotel, namun masih khawatir dengan infeksi COVID-19? Gak perlu pusing! Berikut hal yang harus kamu lakukan agar tetap merasa aman saat staycation di tengah pandemi corona.

"Pada spektrum aktivitas, menginap di hotel adalah aktivitas berisiko sedang terinfeksi COVID-19," kata Dr. Nate Favini, MD, Medical Lead of Forward, praktik perawatan primer preventif, kepada Bustle.

"Ini memang berisiko lebih tinggi daripada tinggal di rumah, tetapi risikonya lebih rendah daripada menghadiri pertemuan besar di dalam ruangan," sambungnya.

Lantas apa yang harus dilakukan sebelum memesan hotel?

Menurut Dr. Favini, cara paling aman untuk memulai perjalanan adalah pastikan untuk menelepon hotel yang dituju terlebih dahulu. Setelah itulihat protokol apa yang dimiliki hotel untuk melindungi tamu dan staf dari COVID-19. 

Menambahkan Dr. Favini, Kepala Petugas Medis dan Ilmiah di Everlywell, Dr Frank Ong. MD, CPI, CCRP, mengatakan bahwa protokol kesehatan yang harus dijalani pihak hotel minimal harus disinfeksi kamar secara menyeluruh. Ia menyarankan untuk memeriksa apakah area makan dan area umum di hotel tersebut juga mempraktikkan jarak sosial.

"Jika sebuah hotel tidak memiliki langkah-langkah keamanan ini, pikirkan dua kali untuk menginap di sana," kata Dr. Ong.