Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bahwa biskop di Jakarta akan segera dibuka dalam waktu dekat, kabar ini ditayangkan melalui kanal YouTube BNPN pada Rabu 26 Agustus 2020. Di dalam video tersebut, Anies Baswedan mengatakan bahwa dirinya dan tim sedang menyusun regulasi untuk pembukaan bioskop ini.

"Pertama kita akan menyiapkan regulasi secara lengkap, dan regulasi itu memasukkan semua unsur yang tadi disampaikan Prof Wiku. Pertama soal kualifikasi siapa saja yang bisa ikut menonton di bioskop, kedua soal pemesanan tiket yang semua harus dilakukan secara online, dan tidak ada pembelian tiket di lokasi," kata Anies.

"Kemudian juga tentang masker, filtrasi udara, lalu pembersihan secara teratur, kemudian juga pengaturan tempat duduk di dalam bioskop, dan kewajiban untuk mentaati prinsip 3 M untuk para karyawan dan proses menuju dan keluar dari lokasi," lanjutnya.

Anies mengatakan bahwa keputusan dibukanya bioskop di Jakarta ini sudah bekerja sama dengan para penggiat industry mengenai regulasi ini. Menurutnya, para pelaku industry sudah siap untuk menerapkan protokol kesehatan jika bioskop sudah kembali dibuka.

"Jadi satu regulasi, kedua adalah pengaturan dengan para pelaku industri. Pembicaraan sudah berlangsung dan para pelaku juga sudah dalam posisi bersiap-siap karena selama beberapa waktu ini terutama sejak bulan Juni sesudah DKI memasuki masa transisi, para pelaku di sektor ini sudah berkomunikasi dekat untuk membahas tentang persiapannya," ujarnya.

Meskipun belum ada tanggal pasti kapan bioskop akan kembali beroperasi, Anies sudah mengatakan bahwa dalam waktu dekat. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa timnya akan mengawasi dengan ketat bioskop yang sudah buka kembali.

Baca Juga: Waduh! Ternyata Ibu Hamil yang Positif COVID-19 Lebih Berpotensi Melahirkan Prematur, Hati-hati, Ya, Moms!

"Jadi kesimpulan pertemuan tadi adalah dalam waktu dekat ini, kegiatan bioskop di Jakarta akan kembali dibuka dan protokol kesehatan akan ditegakkan lewat adanya regulasi yang detail, adanya pengawasan ketat. Sehingga pelaku industri memberikan jasa tanpa memberikan resiko yang besar. Dan bagi masyarakat juga ketika berkegiatan mereka akan bisa merasa aman," tutur Anies.