Menu

Mengapa Perut 'Bunyi' Padahal Nggak Lapar? Ternyata...

27 Mei 2022 23:20 WIB
Mengapa Perut 'Bunyi' Padahal Nggak Lapar? Ternyata...

Ilustrasi saki perut bagian kanan sebagai tanda dari usus buntu. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Rembang —

Apakah kamu sering mengalami perut bunyi padahal nggak lapar? Kondisi ini memang sering dialami banyak orang. Lantas, apakah berbahaya?

Moms, kondisi ini normal terjadi. Penjelasannya, rasa lapar bisa meningkatkan konsentrasi zat sejumlah tertentu pada bagian otak. Situasi inilah yang membuat rasa lapar melakukan pengiriman sinyal ke bagian perut serta usus.

Dampaknya, perut mengalami kontraksi, lalu menimbulkan suara seperti yang biasa yang kita dengar. Beberapa penyebab perut berbunyi, yaitu:

1. Adanya Penumpukan Gas pada Perut

Kemungkinan penyebab pertama adalah adanya penumpukan gas pada bagian perut. Ada berbagai hal yang menyebabkan adanya penumpukan ini, salah satunya makan terlalu cepat. Penyebab lainya minum saat olahraga atau makan sambil berbicara.

Secara normal, gas selalu ada dibagian usus dan asalnya dari pelepasan gas yang terjadi dalam saluran pencernaan atau udara tertelan. Bila kandungan gas pada bagian usus berlebih, bisa bergerak maju dan mundur.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.