Beauty, keluarnya cairan dari vagina adalah keputihan yang memiliki fungsi penting dalam reproduksi wanita. Biasanya, keputihan itu normal dan sering muncul. Keputihan merupakan cairan yang mengandung campuran sekresi vagina dan lendir seviks. Biasanya, jumlah yang dihasilkan pun bisa berbeda-beda setiap perempuan. Tapi yang jelas, keputihan itu normal dan sehat.

Merangkum dari Verywell Health, Rabu (26/8/2020) kelenjar di vagina menghasilkan cairan yang mengalir keluar vagina setiap hari. Biasanya, yang keluar itu adalah sel-sel tua. Nah, keputihan yang normal mampu membersihkan vagina dan menjaganya agar tetap terlubrikasi, serta melindungi dari infeksi ataupun kuman. Nah, ciri-cirinya apa saja ya? Berikut di antaranya:

Keputihan yang normal umumnya berwarna putih

Keputihan yang normal biasanya tak mengeluarkan bau, bening, dan terlihat seperti susu saat mengering di celana dalam. Terkadang, konsistensi keputihan juga bisa setipis benang lho.

Nah pada beberapa kasus, keputihan yang berwarna putih juga bisa jadi tanda infeksi. Apabila keputihan menggumpal mirip keju cottage, infeksi ragi perlu diwarpadai. Gejalanya adalah gatal dan ada rasa terbakar. Hal ini disebabkan dari jamur Candida yang tumbuh berlebihan.

Kalau keputihan berwarna putih, encer, dan berbau amis, bisa jadi tanda vaginosis bakterialis, yang artinya adalah infeksi umum terjadi pada perempuan berusia 15-44 tahun. Biasanya, gejala yang ditimbulkan adalah sensasi terbakar saat buang air kecil dan gatal di vagina.

Keputihan jernih dan berair

Merangkum dari Healthline, keputihan yang jernih dan berair seperti air adalah normal. Biasanya, muncul kapan saja setiap bulan. Keputihan seperti ini akan lebih banyak keluar saat kamu berolahraga atau melakukan pekerjaan yang berat.

Keputihan jernih dan lengket

Saat keputihan tampak jernih dan berlendir, itu menyatakan kalau kamu sedang dalam masa ovulasi. Keputihan seperti ini adalah normal jadi enggak perlu khawatir ya!

Keputihan berwarna kecoklatan atau kemerahan

Keputihan berwarna coklat atau kemerahan umumnya hal yang normal. Sebab, keputihan seperti ini menandakan munculnya siklus haid atau setelah haid. Biasanya, cairan yang akan keluar di akhir siklus haid bisa berwarna kecokelatan. 

Bila kamu mengalaminya saat waktu normal dan baru bercinta tanpa pengaman, bisa jadi itu tanda kehamilan. Jika fleks selalu terjadi pada awal kehamilan, itu bisa jadi tanda keguguran dan segera periksa kedokter.

Kekuningan

Merangkum dari Medical News Today, keputihan berwarna kekuningan pucat, tak berbau, dan enggak disertai gejala lainnya, itu berarti tandanya normal. Enggak perlu dikhawatirkan. Tapi kalau sebaliknya, bisajadi kamu terkena infeksi bakteri.

Baca Juga: Vagina Gatal dan Mengeluarkan Bau Tak Sedap? Ternyata Stres Bisa Jadi Pemicunya Lho!

Semoga bermanfaat ya!