Beauty, kadar gula darah memang harus kita jaga sejak dini. Pasalnya, kadar gula darah tinggi bisa memicu penyakit diabetes. Mungkin keluhan ringan yang kamu rasakan tak perlu kamu khawatirkan. Tapi, kalau gejala keluhan ringan tersebut selalu muncul terus-menerus dalam waktu yang cukup lama, seperti pusing, mual, dan lainnya, bisa jadi tanda tersebut merupakan penyakit serius, salah satunya kadar gula yang tinggi.

Kondisi seperti ini disebut hyperglycemia yang muncul karena terdapat glukosa di dalam darah. Biasanya, kondisi ini terjadi kepada pasien diabetes. Nah, apa saja sih tanda kadar gula darah kamu tinggi? Merangkum dari Self.com, Rabu (26/8/2020) berikut di antaranya:

Cepat lelah

Mudah lelah sering disangka penyakit anemia. Padahal, mudah lelah bisa menjadi awal gula darah kamu tinggi lho. Selain itu, kondisi seperti ini juga bisa terjadi saat gula darah kamu naik dari batas normal.

Sering buang air kecil

Umumnya, jika kebanyakan minum tentu membuat kamu jadi lebih sering buang air kecil alias pipis. Tapi, saat frekuensinya semakin sering dan dekat, kamu perlu waspada ya! Bisa jadi itu awal tanda gula darah naik.

Sering haus

Menurut Self.com, Saat kamu keseringan buang air kecil, tentu saja kamu jadi cepat haus. Biasanya, orang yang mengalami gejala diabetes akan merasa haus walaupun sudah banyak minum.

Sakit kepala

Nah, sakit kepala juga bisa lho menandakan gula darah tinggi. Sebab, orang yang mengalami gula darah tinggi cenderung mengalami dehidrasi. Walaupun sakit kepala bisa menjadi tanda penyakit lainnya, tapi enggak ada salahnya kamu memeriksakan kadar gula darahmu!

Rabun 

Terakhir, jika padangan mata kamu mulai rabun, biasanya kelebihan kadar gula dalam darah. Organ lain pun juga ikut mengalami perubahan dan penurunan fungsi, seperti mata. Menurut Cleveland clinic mengatakan hal tersebut disebabkan oleh glukosa yang terjebak di antara lensa mata kamu, sehingga pandangan kamu akan buram.

Baca Juga: Meski Menyegarkan, Soda Bisa Picu Diabetes Lho

Semoga bermanfaat ya!