Meski sudah memasuki masa New Normal, tak sedikit di antara kamu yang mungkin hingga saat ini masih melakukan work frome home. Beauty, enggak bisa dipungkiri bekerja dari rumah lebih dari dua bulan justru membuatmu menjadi stres. Hal ini lantaran kamu merasa jenuh dan kurangnya berinteraksi yang biasanya kamu dapatkan dari rekan kerja di kantor.

Ketika sudah mulai jenuh dengan rutinitas harian yang gitu-gitu aja, memicu menurunnya produktivitas. Saat produktivitas menurun inilah yang membuat seseorang merasakan tertekan dan juga stres. Kalau dibiarkan terus menerus, hal ini bisa saja berpengaruh buruk pada kondisi mentalmu.

Belum lagi kalau kamu juga harus mengurus si kecil dan urusan rumah tangga lainnya di rumah. Duh... bikin kepala mau pecah banget enggak sih?

Beauty, rehat sejenak dan segarkan pikiran kembali itu penting kamu lakukan saat ini lho! Mengutip dari laman sindikasi Muslimah DailyRabu (26/8/2020), berikut lima hal yang bisa kamu lakukan untuk atasi stres usai seharian bekerja di rumah.

Prioritaskan momen bahagia meski cuma sebentar

Cobalah untuk sebisa mungkin sisihkan waktu sekitar 10-30 menit setiap hari ketika bekerja dari rumah. Kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk menonton video lucu, berjemur, bermain dengan hewan peliharaan atau mendengarkan lagu-lagu- favorit.

Walau terkesan sepele, meluangkan waktu ini justru bisa menimbulkan dampak yang cukup besar. Pada saat ini, otak akan beristirhat dan melakukan aktivias lain yang beda daripada biasanya. Jenuh pun hilang secara perlahan.

Terapkan teknik bekerja pomodor

Kalau Beauty termasuk yang giat bekerja hingga lupa istirahat, mungkin kamu bisa coba teknik bekerja pomodor. Cara ini dinilai dapat meningkatkan fokus saat bekerja sekaligus menciptakan ruang kecil untuk beristirahat.

Caranya:

  1.  Atur timer di smartphone selama 25 menit dan mulailah bekerja.
  2. Pastikan pada 25 menit ini Beauty fokus bekerja dan enggak melirik ke smartphone sedikit pun.
  3. Setelah selesai 25 menit, atur kembali timer selama 5 menit untuk beristirahat.
  4. Kemudian atur lagi timer selama 25 menit untuk bekerja.
  5. Setelah 4 kali bekerja, tambahkan sesi istirahat berikutnya yakni selama 20-30 menit.

Untuk menerapkan teknik ini, kamu dapat dibantu dengan sejumlah aplikasi yang tersedia secara online.

Tetap terhubung dengan rekan kerja

Memang sih interaksi bisa dilakukan melalui work meeting selama WFH. Namun, kalau yang dibicarakan mengenai urusan pekerjaan saja, hal tersebut enggak akan membunuh rasa jenuh dan stres kamu, Beauty.

Untuk itu, cobalah mengatur waktu untuk makan siang bersama rekan kerja, tentunya secara virtual, ya. Bisa juga ngobrol santai sambil minum kopi.

Bersosialisasi dengan rekan kerja merupakan hal penting untuk menjaga pikiran tetap jernih dan sehat terutama pada saat Work From Home.

Sebisa mungkin kurang screen time

Terlalu lama menatap layar juga dapat menguras tenaga, lho. Hal tersebut lantaran otak dipaksa untuk berkonsentrasi sepanjang hari. Pekerjaan otak ditambah oleh mata yang terus menerus menatap layar.

Kalau memungkinkan, cobalah untuk membatasi screen time terutama di luar jam kerja. Sering-sering beristirahat dan lakukan kegiatan yang dapat membuat otak segar kembali.

Tata ulang ruang kerja

Sama halnya seperti bekerja di kantor, rasa jenuh dapat muncul karena ruang atau meja kerja yang monoton dan begitu-gitu saja. Untuk mengurangi rasa jenuh dan stres saat WFH, Beauty dapat mengatur ulang ruang kerja.

Berikut beberapa tips yang dapat dicoba:

  1. Menaruh tanaman di sekitar meja kerja
  2. Bekerja di dekat jendela
  3. Bereksperimen dengan pencahayaan
  4. Sebisa mungkin ruang dan meja kerja enggak sumpek dan sempit
  5. Mencari spot baru untuk bekerja

Nah itu tadi beberapa kiat untuk menyegarkan kembali pikiran di saat Work From Home. Kalau merasa terlalu jenuh dan stres akibat wabah ditambah beban kerja, jangan sungkan untuk mencari pertolongan ahli, ya!

Baca Juga: Makin Anjlok! Turun Lagi Rp5.000, Harga Emas Antam Bikin Moms Gigit Jari

Semoga bermanfaat!