Beauty, apakah kamu merasakan bahwa orang tua kamu terlalu mengekang dirimu dari batas wajar? Orang tua yang toxic bisa melakukan kekerasan kepada anak-anak mereka lho! Hal ini bisa sangat memengaruhi kondisi psikologis atau kesehatan mental dari anak menjadi terganggu.

Pada umumnya, orang tua toxic enggak ingin berkompromi, diajak bertanggung jawab bahkan enggak ingin meminta maaf ketika mempunyai kesalahan. Tentu berhadapan dengan orang tua yang toxic bisa membuat kamu stress, oleh karena itu HerStory mencoba membantu kamu untuk menghadapi orang tua toxic. Yuk, lihat tipsnya!

Bersikap Tegas

Tips yang pertama adalah kamu harus bersikap tegas sebagai seorang anak. Yang dimaksud dengan tegas di sini bukan berarti kamu boleh melawan orang tua kamu atau melakukan hal-hal yang melewati batas kamu sebagai seorang anak. Yang dimaksud dengan bertindak tegas adalah bisa memutuskan hal yang menurut kamu benar dan baik untuk diri kamu sendiri dan juga orang tua.

Kalau orang tua kamu mengatakan hal-hal yang menurut kamu enggak benar, bisa kamu pelan-pelan beri penjelasan kepada mereka bahwa yang mereka katakana adalah salah. Kemudian, kamu juga bisa mengatakan “enggak” kepada orang tua kamu, kok, jika hal yang dilakukan oleh orang tua kamu bertentangan dengan hal yang kamu inginkan.

Berkomunikasi dari Hati ke Hati

Tips kedua adalah dengan berkomunikasi dengan orang tua dari hati ke hati atau secara mendalam. Jika kamu memiliki kesempatan untuk melakukan hal ini, kamu bisa memanfaatkannya dengan membicarakan perasaan kamu kepada orang tua. Selain itu, kamu juga bisa meminta alasan orang tua kamu kenapa mereka melakukan hal-hal yang menurut kamu menyakiti. Kamu bisa mendengarkan alasan mereka dan mencoba menerima serta menempatkan diri jika berada di posisi mereka.

Biasanya, orang tua enggak memiliki maksud untuk menyakiti anak-anaknya, lho! Hal tersebut mereka lakukan dengan ketidaksengajaan karena faktor stress atau karena perasaan kecewa yang akhirnya mereka lampiaskan kepada kamu. Atau bahkan cara mendidik orang tua kamu adalah cara orang tua mereka mendidik, jika ini terjadi maka mereka akan merasa kesulitan untuk menentukan mana yang benar dan salah.

Cari Dukungan yang Dipercaya

Tips terakhir dalam menghadapi orang tua yang toxic adalah dengan mencari teman untuk berbagi cerita. Kamu enggak bisa menyimpan masalah ini sendirian. Semua perilaku yang negatif dari orang tua kamu harus diluapkan ke tempat yang lain baik secara verbal maupun non verbal. Untuk melakukan hal ini kamu bisa melakukan ini kepada orang yang bisa kamu percayai.

Jika kamu mendapatkan dukungan tulus dari orang lain maka beban hidup mu bisa sedikit terlepaskan. Meskipun orang tua kamu enggak mendukung setiap kemauan kamu, setidaknya kamu memiliki orang lain yang mempercayai kalau kamu bisa melakukan semuanya dengan baik dan lancar.

Meskipun orang tua kita melakukan hal yang buruk kepada kita jangan sampai kita menjauhkan mereka dari hidup kita ya, Beauty. Jika kamu merasa ada yang salah dan mengganjal di hati, lebih kamu ceritakan kepada orang tua kamu dengan kepala dingin agar bisa mendapatkan solusi atau jalan keluar yang baik dari kedua belah pihak.

Baca Juga: Gaji Rp3 Juta? Kelola Keuangan Keluarga dengan Cara Ini!

Tetap semangat ya, Beauty!