Banyak orang yang menginginkan untuk segera menikah karena membangun rumah tangga itu merupakan suatu ibadah. Namun, ternyata enggak mudah bagi sebagain orang untuk menjalankannya. Butuh berbagai kesiapan dari segi fisik dan psikis untuk benar-benar lanjut ke jenjang pernikahan. Sudah siap?

Sebenarnya, enggak ada patokan usia untuk menikah, tergantung kesiapan dan juga kematangan setiap orang untuk berkomitmen dalam suatu ikatan yang hanya bisa dipisahkan oleh maut. Nah, HerStory sudah merangkum beberapa tanda kalau kamu sudah siap menikah. Simak baik-baik, ya!

Puas dengan diri sendiri

Seseorang yang sudah puas dengan dirinya sendiri, berarti dia sudah siap untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Nah, yang dimaksud sudah puas dengan diri sendiri adalah sudah puas bemain dengan teman-teman dan puas jalan-jalan. Kalau kamu sudah merasa puas dengan diri barulah pikirkan untuk menikah.

Siap selesaikan masalah bersama pasangan

Menyelesaikan masalah bersama pasangan enggak mudah bagi sebagian orang. Masalah bersama pasangan itu ada dua, yakni masalah teknis dan prinsip. Masalah teknis itu seperti adanya perbedaan pendapat, kalau masalah prinsip itu seperti masalah agama antarpasangan. Nah, kalau sudah bisa menyelesaikannya, berarti kamu sudah siap menikah.

Faktor kedewasaan

Faktor kedewasaan bisa menjadi salah satu kesiapan seseorang sebelum menikah. Kedewasaan itu enggak bisa dilihat dari umur, tapi dilihat dari seseorang yang sudah bisa mengontrol emosi dan juga mengerti pasangannya. Kalau sudah begitu, berarti kamu sudah siap menikah.

Baca Juga: Micro Wedding, Konsep Pernikahan Aman di Tengah Pandemik!

Semoga bermanfaat!