Beauty, ternyata stres yang dialami oleh sebagian orang itu disebabkan karena tekanan di tempat kerjanya. Kondisi ini enggak terhindarkan dari pekerjaan tekanan tinggi dan menyebabkan komplikasi fisik dan mental yang parah kalau enggak dikelola.

Seperti dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (27/8/2020), ada beberapa gejala yang harus kamu perhatikan. Gejala-gejala ini muncul disebabkan karena stres dengan pekerjaanmu. Nah, apa saja ya gejala-gejalanya? Yuk, simak baik-baik, ya!

Sering sakit

Kalau kamu sering mengalami kelelahan, itu bisa berarti kalau kamu ada sesuatu yang salah dengan tubuhmu. Tanda-tanda sistem kekbalan tubuh melemah termasuk otot tegang, gejala mirip flu, sering sakit di tubuh, dan susah tidur. Nah, kalau sudah begitu bisa jadi kamu stres dengan pekerjaanmu.

Kualitas pekerjaan menurun

Kalau kamu melakukan kesalahan konyol dan melihat penurunan kinerja, itu merupakan salah satu tanda kalau pekerjaan kamu berbahaya bagi kesehatan. Kesalahan yang sering kamu buat dibandingkan biasanya merupakan tanda bahwa pekerjaan mempengaruhi kemampuan kognitif kamu.

Merasa cemas

Beberapa efek samping yang disebabkan oleh pekerjaan adalah motivasi rendah, keingin untuk menjadi unggul menurun, iritasi kronis, kepercayaan diri rendan, dan sebagainya. Kalau kamu merasa ditegur atau menerima pesan yang meremehkan padahal biasa saja, itu adalah tanda kamu merasa tertekan dan cemas. 

Baca Juga: Akhirnya! 2 Jurnalis Australia Bisa Pulang dari Cina Setelah Ditahan

Semoga bermanfaat!