Di saat pandemi seperti sekarang ini tingkat kecemasan hingga stres meningkat. Akibatnya banyak orang yang sering merasa kesulitan tidur dan mudah emosi. Padalah stres bisa menurunkan imunitas tubuh lho.

Seperti diketahui bahwa di musim penyakit seperti sekarang ini imun tubuh diperlukan untuk menangkal penyakit. Namun, jika seseorang mengalami stres, tentu akan berpengaruh terhadap kekebalan tubuh.

"Hal pertama yang perlu diketahui tentang stres adalah bahwa itu adalah reaksi yang sepenuhnya normal yang dimiliki tubuh kita terhadap rangsangan fisik, emosional, atau biologis," kata Dr. Maggie Luther, ND, direktur medis dan perumus di personal wellness and vitamin brand Care/of.

Secara umum baik bahwa tubuh tubuh merespons stres dengan kuat karena itu bisa membuatmu tetap waspada dan aman dalam situasi yang sulit.

"Kortisol adalah hormon utama yang dilepaskan saat tubuh sedang stres. Ini dapat membantu darah beredar ke seluruh tubuh kita, mengalihkan aliran darah dari hal-hal seperti sistem pencernaan kita untuk membawa darah ke jantung dan otak sebagai gantinya. Dengan melakukan itu, kortisol dapat membantu kita bereaksi terhadap situasi berbahaya dengan lebih cepat," imbuhnya.

Meski begitu, kortisol juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh melemah sehingga jadi mudah terinfeksi penyakit.

"Kortisol membantu tubuh merespons stresor akut, tetapi juga menekan sistem kekebalan dan membuatmu lebih rentan terhadap infeksi dari virus dan bakteri," kata Dr. Nate Favini, M.D., pimpinan medis dari praktik perawatan primer preventif Forward.

Selain mencari bantuan dari profesional kesehatan mental jika diperlukan, Dr. Luther juga mengatakan pentingnya untuk mengontrol sesuatu yang dapat menekan tingkat stres.

Baca Juga: Kesehatan Mental Kacau, Ini Tips Ampuh Mengelola Stres di Masa Pandemi

"Bermeditasi, berolahraga, atau bahkan hanya berjalan-jalan setiap hari bisa menjadi cara yang bagus untuk menjernihkan pikiran dan memberikan sinyal yang dibutuhkan tubuh bahwa ia dapat menjaga dirinya sendiri," katanya.