Beredar kabar bahwa dalam waktu dekat bioskop di DKI Jakarta akan kembali dibuka. Hal itu pun disampaikan langsung oleh Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Pada hari ini Satgas penanganan COVID-19 ingin menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan perencanaan pembukaan kembali bioskop atau cinema di Indonesia selama masa pandemi COVID-19," ujar Prof Wiku saat konferensi pers di BNPB, Rabu (26/8/2020).

Prof Wiku menyampaikan bahwa salah satu alasan bioskop dibuka kembali sebagai upaya peningkatan imunitas karena dapat menghibur masyarakat di tengah pandemi virus corona.

"Bioskop dan cinema memang memiliki karakteristik penting dan kontribusi penting terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat karena imunitas masyarakat juga bisa meningkat karena bahagia atau suasana mental fisik dari para penonton dan masyarakatnya juga ditingkatkan," imbuhnya. 

"Bioskop dan cinema salah satu kontributor untuk itu dalam rangka menghadapi COVID-19," sambungnya.

Baca Juga: Jangan Dipakai Lagi! Setelah Dicuci 30 Kali, Efektivitas Masker Kain untuk Cegah Virus Corona Menurun hingga 15 Persen

Demi keamanan saat menonton film di bioskop Prof Wiku pun membeberkan beberapa protokol kesehatan yang harus diterapkan, seperti dalam keadaan sehat dan berusia 16 hingga 60 tahun, dilarangan makan dan minum saat menonton film, serta menggunakan masker selama menonton film.