Menu

Dear Moms, Pola Makan Buruk pada Anak Tingkatkan Risiko Tekanan Darah Tinggi dan Kanker

31 Mei 2022 16:50 WIB
Dear Moms, Pola Makan Buruk pada Anak Tingkatkan Risiko Tekanan Darah Tinggi dan Kanker

Ilustrasi anak hipertensi/tekanan darah tinggi. (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bekasi —

Usia menjadi salah satu faktor risiko utama untuk tekanan darah tinggi dan kondisi kardiovaskular lainnya. Ini karena, semakin bertambah usia seseorang maka semakin besar risikonya mengembangkan tekanan darah tinggi.

Tapi, bukan berarti anak-anak gak bisa mengembangkan tekanan darah tinggi. Pola makan yang buruk salah satu penyebab tekanan darah tinggi pada anak-anak.

Makanan tinggi gula dan lemak bisa meningkatkan risiko anak-anak mengembangkan tekanan darah tinggi.

"Makanan apa yang kita beli dan dikonsumsi akan berdampak pada risiko tekanan darah tinggi," kata dr Emilia Gomez Pardo dikutip dari Express.

Emilia mengatakan pola makan yang buruk di masa kanak-kanak dan kebiasaan gaya hidup tidak sehat lainnya bisa meningkatkan risiko masalah kardiovaskular pada anak, yang bisa terdeteksi pertama kali di awal usia 20 tahunan.

Akibatnya, Emilia mendorong orang untuk mengosongkan lemari es dan lemari penyimpanan makanan dari makanan gak sehat. Lalu, beralihlah ke pola makan yang lebih sehat.

Emilia mengatakan lingkungan di sekitar kita benar-benar obesogenik, semuanya dibuat sedemikian rupa sehingga membuat orang menjadi kelebihan berat badan.

Sebagian besar penyebabnya seringkali berasal dari makanan tidak sehat dengan tingkat bahan kimia tertinggi dan garam.

Konsumsi makanan tak sehat tidak hanya berdampak pada anak-anak ketika masih kecil, tetapi juga bisa berdampak besar pada mereka di masa depan.

“Milenial memiliki risiko dua kali lipat terkena kanker karena gaya hidup buruk dan pola makan buruk di masa kanak-kanak," kata Emilia.

Emilia mengatakan satu dari tiga tumor terkait dengan nutrisi yang tidak memadai. Karena itu, ada seruan yang mengajak orang-orang untuk mengonsumsi makanan sehat.

Baca Juga: Ibu Hamil Rentan Alami Tekanan Darah Tinggi, Lakukan Ini untuk Mengatasinya Moms!

Baca Juga: Darah Tinggi Kambuh Moms? 4 Makanan Ini Ampuh Bikin Hipertensi Out, Wajib Ada di Rumah!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Cherryn Lagustya