Pandemi virus corona menghantam seluruh sektor, baik sosial hingga ekonomi. Salah satu yang terkena dampak COVID-19 adalah sektor fesyen. Untuk membantu ekonomi Indonesia, desainer kenamaan Tanah Air, Vivi Zubedi, pun mengajak kolaborasi usaha lokal.

"Insha Allah tidak patah semangat justru semakin diberikan Allah pandemi ini semakin saya harus menggunakan kepala saya untuk berpikir lebih optimis lagi lebih kreatif lagi," ujar Vivi saat press conference virtual #fromvivizubeditoindonesia "Kontribusi Kepemimpian Perempuan Terhadap Masa Depan Indonesia yang Lebih Baik di Era Pandemi", Kamis (27/8/2020).

"Kalau dibilang kiat-kiat untuk mendukung UMKM ini rata-rata mengalami penurunan secara global. Tapi, minilmal yang bisa jadi jalan ke luar bisa kolaborasi dengan beberapa UMKM saya beli putus dan dimodifikasi dengan bendera saya," sambungnya.

Selain itu, Vivi juga membeberkan bahwa di tengah pandemi COVID-19 sektor fesyen jusru meningkat. Ia pun percaya bahwa dibalik musibah ada hikmah yang bisa diambil.

"Uniknya pada saat pandemik sekarang ini laporan dari Bank Indonesia jusru sektor fashion ini meningkat untuk ekspor. Jadi saya yakin apa yang terjadi sesuai dengan pikiran kita, the power of mind, the power of positif thingking," tutupnya.