Menu

Solusi Absensi untuk 'Flexible Working Hour', Selamat Tinggal Cara Lama

01 Juni 2022 19:00 WIB
Solusi Absensi untuk 'Flexible Working Hour', Selamat Tinggal Cara Lama

Work from home/Ilustrasi

HerStory, Jakarta —

Pandemi Covid-19 telah mengubah aktivitas masyarakat, salah satunya dalam bekerja. Sebagian besar perusahaan di Indonesia hingga di seluruh dunia saat ini telah banyak menerapkan kebijakan WFH (Work From Home).

Di masa pandemi yang masih berlangsung saat ini membuat perusahaan memutuskan untuk mengambil kebijakan untuk bekerja dari rumah. Kebijakan yang diambil perusahaan ini bukan tidak mungkin juga memerlukan sistem manajemen yang kuat untuk memastikan kegiatan operasional perusahaan tetap lancar.

Dalam perkembangannya, tentu saja perusahaan perlu untuk memantau karyawan yang bekerja dari rumah. 

Ditambah lagi karena karyawan sudah tidak bekerja di kantor, maka segala absensi juga dilakukan secara online dan perusahaan memerlukan sistem attendance management sebagai solusi dalam absensi tiap karyawan.

Jika biasanya absensi dilakukan secara manual, mulai sekarang tinggalkanlah cara lama tersebut, karena absensi semacam ini tidak berlaku untuk perusahaan yang menerapkan flexible working hour, contoh pekerjaan yang menerapkan flexible working hour yaitu marketing dan sales.

Kedua profesi itu pun tentu memiliki jobdesk untuk melakukan follow up ke setiap customer dan melakukan presentasi produk kepada klien mereka, bahkan saat ini beberapa programmer juga dituntut untuk menjalankan flexible working hour.

Berbagai jenis absensi di antaranya, sidik jari (fingerprint), absensi kartu, absensi biometrik, dan sistem attendance management.

Sistem attendance management merupakan cikal bakal absensi digital di masa sekarang dengan teknologi yang sudah semakin canggih. 

Apalagi saat ini banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan work from home. 

Cara menggunakan sistem absensi ini cukup mudah, karyawan cukup mengunduh sistem attendance management, lalu masukkan username dan kata sandi yang sudah terdaftar. 

Setelah itu akan ada deteksi wajah serta sistem attendance management ini memiliki kelebihan dapat mendeteksi lokasi karyawan. 

Jadi, HR dapat lebih mudah memantau karyawan dan melakukan rekap absensi karyawan yang work from home.

Selain itu, sistem absensi attendance management juga memiliki kelebihan yang mampu membantuk perusahaan semakin efektif terkait absensi karyawan.

Namun, seberapa pentingkah absensi attendance management tersebut? Berikut beberapa hal yang mampu menunjang efektivitas untuk perusahaan, di antaranya merekam kehadiran karyawan, dasar penggajian karyawan, dasar pemberian cuti karyawan, serta database karyawan yang lebih rapi, bahkan mampu mencegah kekurangan, menghemat biaya dan ramah lingkungan, hingga memperkecil kemungkinan terjadinya upaya penipuan dan terintegrasi dengan semua kebutahan pihak HR.

Lalu, apakah perlu sedini mungkin beralih ke absensi attendance management? Berikut hal yang bisa menjadi pertimbangan apabila perusahaan telah menerapkan sistem absensi attendance management, yakni tidak ribet, data tersaji secara akurat, terintegrasi dengan sistem penggajian, dan memotong anggaran operasional.

Sudah siap mengubah cara absensi lama dan beralih ke sistem absensi yang fleksibel dan terjamin keamanannya, namun masih bingung apakah ada yang menyediakan fitur tersebut? Tenang, bersama Sistem Attendance Management Talenta by Mekari, sistem absensi kehadiran karyawan online merupakan terobosan baru dalam memudahkan proses absensi karyawan. 

Selain bisa menekan biaya operasional, sistem attendance management ini juga dapat mempermudah kerja HR dalam melakukan perhitungan kehadiran hingga gaji karyawan secara otomatis dan akurat.

Talenta by Mekari memungkinkan sistem attendance management saat WFH. 

Itu artinya pengelolaan kehadiran karyawan tidak lagi terbatas pada infrastruktur fisik perusahaan, memberikan fleksibilitas yang lebih baik tanpa mengurangi kualitas layanan.

Kelebihan Talenta by Mekari:

1. Fitur yang Disajikan Sangat Berlimpah

Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. 

Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya :

• Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.

• Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.

• Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.

• Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

2. Kostumisasi yang Sangat Terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3. Tim Support yang Efektif dan Responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Talenta sebagai platform HRIS yang lengkap mampu menjawab tantangan-tantangan pengelolaan kehadiran karyawan bahkan di berbagai situasi dan bermacam jenis industri. 

Nah, tertarik untuk mencoba Talenta? Kunjungi website nya di https://Talenta.co dan isi formulir dan jadwalkan demo serta konsultasikan masalah HR Anda kepada Talenta!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Yolanda Bonnita

Artikel Pilihan