Beauty, sering kali kita lupa bahwa ada beberapa orang yang keadaan mentalnya nggak sehat, sehingga kamu harus berhati-hati mengeluarkan pendapat, bahkan jika kamu ada di posisi ini penting banget untuk memberi tahu temanmu supaya berhenti mengatakan hal ini, lho.

Terkadang kita tidak menyadari bahwa jika ada seseorang yang sedang sedih dan memutuskan untuk menghubungi kita, mereka sudah mempercayai bahwa kita bisa menjadi bantuan pertama mereka. Sering kali yang mereka perlukan hanya didengar saja.

Untuk kamu yang mudah terpicu dengan kalimat-kalimat ini baiknya jangan ikut membaca ya!

Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya kamu hindari untuk dikatakan kepada seseorang yang sedang depresi.

1. “Ah, gitu doang, bisa dilewati kok ini” atau “Udah sih, lupain saja”

Orang yang depresi sebetulnya mengalami kesulitan untuk menjangkau orang lain dan mencari pertolongan. Jadi kalau seseorang sudah menghubungi kamu dan menceritakan masalahnya, jangan sepelekan, ya. Dengan kalimat-kalimat seperti ini, kamu terkesan nggak sopan, acuh tak acuh, dan menyepelekan perasaan serta kondisi mereka. Seakan-akan perasaannya berlebihan karena seharusnya dapat dilupakan dengan mudah.

2. “Kamu enggak bersyukur”

Depresi adalah sebuah gangguan mental serius, yang enggak bisa diatasi hanya dengan bersyukur. Kalimat seperti ini bukan nggak membantu, tapi juga bisa membuat temanmu merasa bersalah.

Padahal semua perasaan semua orang valid dan nggak pantas untuk dibanding-bandingkan karena masalah yang dihadapi setiap orang berbeda-beda. What’s a breeze for you can be a hurricane for someone else.

3. “Jangan negatif terus dong” atau “Gak usah mengeluh”

Kalimat seperti ini juga menunjukkan bahwa kamu menganggap sepele masalah yang dihadapi temanmu. Seakan-akan masalah yang dihadapinya itu seharusnya dapat diselesaikan dengan mudah, yaitu dengan pikiran yang positif dan berhenti mengeluh.

Semua orang juga ingin berpikir secara positif, namun nggak semua orang memiliki hak istimewa itu. Jangan lupa bahwa seseorang yang depresi memang memiliki kecenderungan untuk terlalu memikirkan segala sesuatu serta memiliki pikiran-pikiran yang negatif, dan ini bukan atas keinginan mereka sendiri.

Selain itu, fakta bahwa teman kita menghubungimu, itu berarti bahwa dia percaya kita akan mengerti perasaannya. Apakah pantas kalau kamu membalasnya dengan menyederhanakan persoalan bahwa mereka hanya mengeluh?

4. “Kamu kurang beriman saja”

Ini paling parah, berdoa dan beribadah bisa saja akan membantu mereka merasa lebih tenang dengan perasaannya. Tetapi seseorang dengan depresi nggak bisa sembuh hanya dengan doa.

Baca Juga: Kesehatan Mental Kacau, Ini Tips Ampuh Mengelola Stres di Masa Pandemi

Nah, itulah 4 hal yang nggak boleh kamu katakan pada mereka yang sudah terlihat depresi. Jangan buat temanmu merasa hidup sendirian dan makin menderita setelah mempercayakan kisahnya padamu, ya!