Pandemi virus corona mengacaukan beberapa sektor ekonomi, salah satunya industri fesyen. Untuk itu para pelaku bisnis fesyen terdorong untuk saling bahu membahu dalam menghadapi pandemi. Salah satunya adalah desainer kenamaan Tanah Air, Vivi Mar’i Zubedi.

Vivi jadi salah satu tokoh yang memperhatikan isu sosial dan ekonomi di Indonesia. Ia juga kerap kali terlibat dalam isu pemberdayaan perempuan. Dalam berkarya, Vivi mengaku terinspirasi untuk memberdayakan kerajinan lokal yang dibuat oleh pengrajin wanita di seluruh Indonesia.

Selain mendapat inspirasi dengan mengangkat kerajinan lokal Indonesia, Vivi juga berusaha untuk kembali menggerakan semangat para pelaku bisnis fesyen untuk terus berkarya di tengah pandemi COVID-19. Hal itu dilakukan guna membakar semangat para pelaku bisnis fesyen agar produktif dalam berkarya serta melakukan adaptasi membangkitkan perekonomian negeri ini.

"Insha Allah tidak patah semangat justru semakin diberikan Allah pandemi ini semakin saya harus menggunakan kepala saya untuk berpikir lebih optimis lagi lebih kreatif lagi," imbuhnya Vivi saat press conference virtual, Kamis (27/8/2020).

Tak tanggung-tanggung, Vivi bersama Yayasan VIVIZUBEDI Indonesia pun terjun langsung untuk melakukan berbagai kegiatan sosial, diantaranya program Sedekah #CegahCovid, pembagian beras gratis di Banjar Baru dan lain-lain.

Peran Vivi sebagai pelaku bisnis mempertimbangkan pemberdayaan dan potensi perempuan-perempuan Indonesia tentunya menjadi salah satu aspek kepemimpinan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.