Merawat gigi dan mulut secara keseluruhan adalah hal yang penting dilakukan. Sebab jika tak dirawat, hal yang tak diinginkan akan menghantui kamu lho, seperti gigi bolong, sariawan, dan lainnya. Nah, untuk mendapat kesehatan mulut, jangan hanya memperhatikan bagian gigi dan gusi saja ya, tetapi bagian mulut secara keseluruhan.

Mungkin kamu berpikir kalau hanya sikat gigi saja sudah cukup dan sehat, tapi nyatanya masih banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk merawat gigi dan mulut kamu. Kira-kira apa saja sih hal-hal itu? Penasaran? Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/8/2020) berikut di antaranya:

Menjaga kelembapan area bibir

Kalau kamu ingin menjaga kesehatan mulut, maka perhatikan daerah bibir kamu juga ya. Sebab, bibir sebagai 'pintu masuk' setiap makanan atau minuman yang kamu makan. Area bibir itu rentan banget kering lho, biasanya karena kekurangan vitamin, bernapas lewat mulut, atau enggak cocok menggunakan kosmetik lainnya.

Nah kalau kamu sudah merasa kering di bibir, lebih baik gunakan produk lip balm atau produk minyak, seperti zaitun untuk melembapkan bibir kamu yang kering bahkan pecah-pecah.

Mengobati luka bakar di lidah menggunakan air garam

Saat kamu mengonsumsi makanan pedas, tekadang lidah kamu terasa seperti mati rasa, benar begitu bukan? Nah, sebutan ini adalah lidah terbakar. Kamu bisa mengatasinya dengan gampang lho, cukup gunakan larutan garam untuk berkumur dan kamu akan terbebas dari rasa terbakar itu.

Selain lidah terbakar, air garam juga bisa menghilangkan sariawan dengan cepat. Buat kamu yang kesusahan dan malas membeli obatnya, cobain deh cara alternatif ini yang mudah dan gampang!

Mengunyah makanan secara pelan-pelan untuk jaga langit-langit mulut

Selanjutnya, pelan-pelan ya jika mengunyah makanan. Sebab, bisa menyebabkan langit-langit mulut bengkak. Faktornya, bisa dikarenakan infeksi gigi, sariawan, sampai dehidrasi. Untuk menghindari hal tersebut, mengunyahlah secara pelan-pelan. Tak hanya itu saja, gerakan mengunyah terlalu cepat bisa melukai kulit dan gusi yang sensitif lho.

Gosok gigi sampai ke celah-celah gigi

Jangan lupa untuk gosok gigi sampai ke cela-cela gigi ya! Sebab, kalau enggak dibersihkan secara tuntas bisa menimbulkan masalah baru lho, seperti gigi berlubang, bau mulut, plak gigi, dan erosi gigi. Kamu butuh sikat gigi yang tepat agar bulu-bulu sikatnya mampu masuk ke dalam celah gigi dan gusi.

Sikat gigi yang lembut berfungsi merawat kesehatan gigi

Baca Juga: Hati-Hati! Bibir Kamu Suka ada Luka Melepuh? Bisa Jadi karena Herpes Simples, Tuh!

Saat melakukan sikat gigi, jangan lupa berikan sensasi lembut dan geraklah secara perlahan. Sebab, gusi itu adalah area yang sangat sensitif. Jika kamu sikat gigi secara cepat, gusi bisa berdarah atau menimbulkan sariawan. Untuk itu, bersabar saat menyikat gigi ya!