Jumlah pasien yang positif terinfeks virus corona di Indonesia terus bertambah setiap harinya. Kini, jumlah kasus positif terinfeksi virus corona di Indonesia sudah mencapai angka lebih dari 160 ribu. Meski begitu, vaksin untuk menyembuhkan virus corona belum juga berhasil ditemukan.

Vaksin virus corona sedang melalui tahap uji coba dan diprediksi akan bisa diproduksi pada awal tahun 2021. Walaupun vaksin virus corona belum ada, tapi vaksin itu disebut-sebut akan diberikan secara gratis untuk peserta BPJS Kesehatan.

Menteri BUMN yang juga merupakan Ketua Pelaksana Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Tohir mengusulkan bahwa peserta BPJS Kesehatan memiliki kesempatan untuk mendapat vaksin virus corona secara gratis.

Saat ini, pemerintah sedang merancang vaksinasi massal untuk menghentikan penyebaran virus corona. Rencananya vaksinasi massal ini akan dilakukan pada awal tahun 2021.

Ada dua skema usulan vaksin virus corona yang disiapkan untuk melaksanakan vaksinasi massal ini, yakni secara gratis dan berbayar. Untuk vaksinasi massal gratis, pemerintah akan menggunakan data BPJS Kesehatan.

Baca Juga: CDC: Penggunaan Masker Lebih Efekif Cegah Infeksi Corona daripada Vaksin

"Jadi, ada vaksin bantuan pemerintah di mana (pendanaannya) melalui APBN dan menggunakan data BPJS Kesehatan, jadi nanti istilahnya ada vaksin gratis secara massal yang diharapkan bisa di awal tahun depan," kata Erick Tohir dalam paparannya kepada Komisi IX DPR RI.