Setiap orang pasti menikmati momen hangat ketika mereka mendapatkan pelukan dari sang kekasih. Pasti kamu juga merasakannya, kan, Beauty? Sebuah penelitian mengungkap bahwa manusia membutuhkan empat pelukan dalam sehari untuk bertahan hidup. Selain itu, ternyata berpelukan memiliki banyak manfaat, lho

Seperti dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (28/8/2020), ternyata berpelukan itu memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan mental. Wah, apa saja ya manfaatnya? Yuk, simak baik-baik, ya!

Mengurangi rasa kesepian

Manfaat yang pertama adalah untuk mengurangi rasa kesepian. Berpelukan membuat seseorang melepaskan oksitosin di otak yang dapat meningkatkan perasaan intim dan membantu merangsang ikatan sosial antara dua orang. Kadar oksitosin yang tinggi dapat meningkatkan keterikatan secara romantis, mengurangi perasaan kesepian, dan rasa terisolasi.

Mengurangi stres

Selanjutnya, berpelukan juga ternyata bisa membantu mengurangi stres. Hubungan antara stres dan berpelukan adalah karena peserta merasakan tingkat dukungan sosial yang lebih besar ketika mendapatkan pelukan secara rutin. Nah, ketika seseorang jauh dari stres maka akan mengurangi kemungkinan terkena berbagai macam penyakit.

Mengurangi cemas dan depresi

Selain bisa melepaskan oksitosin, berpelukan juga bisa melepaskan dopamin dalam otak. Hormon oksitosin sendiri dikenal sebagai hormon rasa senang yang terkait dengan peningkatan rasa bahagia. Orang dengan gangguan suasana hati biasanya memiliki tingkat dopamin yang rendah, jadi berpelukan dapat membantu memperbaiki depresi.

Baca Juga: Benarkah Sering Berpelukan Bisa Bikin Pasangan Jadi Panjang Umur? Ini Kata Ahli ...

Semoga bermanfaat!