Manusia memang enggak pernah luput dari kesalahan. Namun, meski telah menyadari dirinya melakukan kesalahan, orang-orang seringkali enggak mau mengucapkan kata maaf. Kata maaf begitu diperlukan, apalagi antara seorang ibu dan anak. Kamu sudah menerapkannya belum?

Seperti dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (28/8/2020), salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orangtua terhadap anaknya adalah berusaha mempertahankan aura kesempurnaannya, seperti sulit minta maaf dengan anak. Namun, ternyata minta maaf pada anak memiliki beberapa manfaat, lho. Simak baik-baik, ya.

Membangun kepercayaan dengan anak

Minta maaf saat orangtua melakukan kesalahan akan membangun kepercayaan dengan anak-anak. Memberi tahu mereka bahwa orangtua akan tetap ada saat mereka perlu dikoreksi. Dengan begitu, anak-anak akan cenderung mudah memaafkan dirinya sendiri. Yuk, Moms terapkan, ya! 

Memperkuat ikatan dengan anak

Saat melakukan kesalahan pada anak, kamu harus meminta maaf untuk membuat hubungan orangtua dan anak menjadi lebih baik. Ketika orangtua meminta maaf pada anak, sebenarnya orangtua sedang memperkuat ikatan dengan anak. Orangtua mengajari bahwa kesalahan itu boleh dilakukan selama kita bertanggung jawab.

Menjadi contoh untuk anak

Anak-anak tentu saja akan meniru apa yang dilakukan orangtuanya, sehingga anak perlu memiliki contoh dalam hal minta maaf. Enggak mudah bagi anak-anak untuk mengakui kesalahan, namun kalau mereka melihat contoh keberanian untuk mengakui kesalahan dan minta maaf, mereka cenderung akan mengikutinya.

Semoga bermanfaat!