Menu

Skor IQ Anak Stunting Lebih Rendah Ketimbang Anak Normal, Ketahui 3 Hal Pokok untuk Menanganinya Moms!

07 Juni 2022 07:52 WIB
Skor IQ Anak Stunting Lebih Rendah Ketimbang Anak Normal, Ketahui 3 Hal Pokok untuk Menanganinya Moms!

Anak-anak sedang bermain air. (unsplash/Andrew Seaman)

HerStory, Bogor —

Moms, jangan sepelekan stunting! Ya, persoalan yang mendera anak ini masih menjadi ancaman kesehatan di negara kita.

Terkait hal itu, Dokter Spesialis Anak sekaligus Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik, Dr. dr. Lanny C Gultom, SpA (K) Nutrisi, Metabolika, pun mengimbau para orang tua untuk terus memberikan concern yang besar untuk pertumbuhan anaknya.

Menurutnya, seringkali, orang tua gak menyadari anaknya stunting karena tak terdapat tanda khusus yang membedakannya sehingga membuat penanganannya menjadi terlambat.

"Umumnya, pasien-pasien saya kan datangnya telat ya, padahal anak sudah stunting. Tetapi kita lihat lagi, kalau kita bisa perbaiki, di bawah usia dua tahun. Kalau di atas itu, sulit," tutur dr. Lanny, saat sesi webinar, sebagaimana dipantau HerStorybeberapa waktu lalu.

dr. Lanny pun mengingatkan orang tua agar concern soal permasalahan stunting ini. Pasalnya kata dia, persoalan stunting harus ditangani terutama di 1.000 hari pertama kehidupan.

“Seperti kita tahu, perkembangan otak anak itu sangat maksimal dan besar itu terjadi di 2 tahun pertama kehidupan. Karenanya di usia ini, penting bagi anak untuk belajar kemampuan untuk melihat, berbicara, dan paling penting adalah gerak kognitif. Dan ingat ya, anak yang stunting itu bakal punya IQ yang lebih rendah daripada anak yang gak mengalami stunting, lho” papar dr. Lanny.

Baca Juga: Bantu Program Pemerintah Tekan Angka Stunting, ABC Luncurkan Sarden Goreng Bumbu Serundeng, Solusi Praktis Makan Ikan Nih Moms!

Baca Juga: Jangan Sepelekan Moms! Ini Sederet Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua untuk Cegah Stunting

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.