Menu

Pakar: Deteksi Dini Kanker Payudara Itu Penting, Jangan Tunggu Ada Gejala!

07 Juni 2022 11:12 WIB
Pakar: Deteksi Dini Kanker Payudara Itu Penting, Jangan Tunggu Ada Gejala!

Ilustrasi kanker payudara (SciTechDaily/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FINASIM, FACP., mengimbau para wanita agar tak takut berkonsultasi ke dokter jika menemukan benjolan yang tak biasa di payudaranya.

Prof. Aru bilang, benjolan pada payudara wanita sendiri belum tentu kanker. Tapi, agar kita bisa mendapatkan clue yang tepat, terkait mana benjolan yang harus dicurigai sebagai suatu kanker atau bukan, adalah dengan memeriksakannya ke dokter.

"Kalau sudah sampai sakit, (benjolan) sudah teraba di berbagai tempat, stadium sudah tinggi. Ini gunanya kita lakukan deteksi dini," kata Prof. Aru, kepada HerStory, baru-baru ini.

Prof. Aru bilang, deteksi dini kanker payudara bisa melalui pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Dan, waktu terbaik melakukan SADARI yakni satu minggu sampai 10 hari setelah periode menstruasi berakhir.Lebih lanjut, kata dia, apabila sudah memastikan adanya benjolan, sebaiknya lakukan pemeriksaan payudara secara klinis (SADANIS) dengan tenaga medis.

Sayangnya, Prof. Aru, banyak pasien kanker payudara yang datang terlambat ke dokter. Kasus yang banyak terjadi yaitu, sel kanker telah menyebar dan khawatir menyebar ke organ tubuh lain jika payudara tak segera diangkat.

“Kecenderungannya sekarang kan wanita itu udah takut duluan. Jadi yang penting kita kalau menemukan ada kelainan di payudara, segera ke dokter. Jangan takut deteksi dini intinya, karena itu penting. Kalau kita biarkan dan larut dalam ketakutan, ini kanker gak akan sembuh sendiri. Semakin kita biarkan akan semakin sulit diobati,” tegas Prof. Aru.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Makanan Sehat yang Bisa Turunkan Risiko Kanker, Ada Apel Beauty!

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 5 Jenis Kanker Payudara yang Jarang Diketahui, Mana Sih yang Paling Ganas?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan