Salah satu hal yang paling umum terdengar di tengah pandemi virus corona adalah rajin cuci tangan dengan sabun dan air. Bukan asal-asalan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan untuk cuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik guna efektif membunuh kuman. Kenapa begitu ya?

"Mencuci tangan setidaknya selama 20 detik adalah cara paling efektif untuk memastikan tanganmu tak menyebarkan patogen (mikroorganisme parasit penyebab penyakit)," kata dokter keluarga Dr. Natasha Bhuyan, MD dikutip dari Bustle (1/9/2020).

"Cuci tangan 20 detik memiliki dua manfaat: membantu membersihkan kotoran dan kotoran dan kuman, tetapi juga membantu membunuh patogen," sambungnya.

Selain itu, CDC juga menuliskan di situs resminya bahwa cuci tangan selama 15-30 detik telah terbukti lebih efektif dalam menghempaskan kuman dibandingkan cuci tangan dalam waktu yang sebentar.

Baca Juga: Sering Cuci Tangan Pakai Sabun Antibakteri? Waspada! Ini Bahaya Kandungan Triclosan yanga Ada di Dalamnya

"Dari semua yang ada, hampir semua telah mengukur pengurangan jumlah mikroba secara keseluruhan, hanya sebagian kecil yang dapat menyebabkan penyakit, dan belum mengukur dampaknya terhadap kesehatan. Meskipun demikian, bukti menunjukkan bahwa mencuci tangan selama sekitar 15-30 detik menghilangkan lebih banyak kuman dari tangan daripada mencuci untuk waktu yang lebih singkat," tulis CDC.