Beauty, sebagai orang tua tentunya kamu enggak mau kan melihat si kecil yang mulai beranjak remaja tapi enggak tahu cara mengurus dirinya sendiri? Nah, makanya penting banget untuk mengajarkan anak keterampilan hidup dasar sejak dini. Hal ini akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang lebih mandiri.

Dengan mengajarkan anak dengan keterampilan hidup dasar sejak dini, juga membuatnya siap untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan. 

Merangkum dari berbagai sumber, Senin (1/9/2020), berikut lima keterampilan hidup dasar yang bisa kamu ajarkan sejak dini kepada buah hati.

Merapikan mainan dan beres-beres rumah

Beauty, mungkin banyak di antara kamu yang enggak suka kalau melihat rumah berantakan. Terkadang, anak kerap menjadikan rumah sebagai taman bermain dan membuat setiap sudutnya penuh dengan barang dan mainan miliknya.

Beauty, mungkin kamu bisa menanamkan sikap rapi kepada si kecil di usia dini. Ajak dia saat kamu tengah merapikan mainannya atau beres-beres rumah. Kamu juga bisa membantuan kepadanya untuk melakukan hal-hal kecil. Memasukan mainan ke dalam ranjang, misalnya.

Atau kamu juga bisa mengajarkan si kecil untuk mulai disipilin dengan membereskan tempat tidurnya saat bangun. Walau enggak benar-benar rapi, si kecil akan terbiasa dengan tanggung jawabnya tersebut.

Menyiapkan makanan

Selanjutnya, kamu bisa mengajak si kecil saat kamu tengah memasak. Kamu bisa memberinya tugas dengan menyiapkan alat-alat makan, membersihkan meja makan, atau bahkan meminta bantuannya untuk memecahkan telur ke dalam mangkuk.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Hidung Bayi Bisa Mancung dengan Cara Dicubit? Begini Penjelasannya Moms!

Seperti yang disebutkan di laman Parents, kamu juga bisa menugasi si kecil untuk menyiapkan bekalnya sendiri. Seperti membuat sandwich versi mereka tanpa harus melibatkan kompor yang dirasa berbahaya untuk dilakukan.