Beauty, ada banyak hal yang membuat kamu pasti kesulitan untuk memahami orang lain. Tapi, di saat-saat terpuruk, hal yang paling sulit dilakukan ialah memahami diri sendiri. Ketika kamu sedang stres, cara terampuh sebenarnya adalah berdamai dengan diri sendiri, namun ini juga hal yang sulit untuk dilakukan.

Kenyataannya, berdamai dengan diri sendiri memang lebih sulit dibandingkan berdamai dengan orang lain. Sebab hal ini butuh waktu yang cukup lama supaya kamu bisa akrab dengan dirimu sendiri dan memahami dirimu dengan baik, bahkan cara ini bisa dilakukan hingga seumur hidupmu, lho.

Dilansir dari Healtline, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi beban pikiran dan penyembuhan mentalmu secara cukup sederhana, Beauty. Berdamai dengan diri sendiri adalah hal yang sulit namun perlu kamu lakukan. Penasaran gimana caranya? Simak, ya!

1. Berpikir positif mulai untuk diri sendiri

Hal ini susah banget, lho. Bakal jadi lebih susah ketika kamu punya trauma di masa lalu yang membuat kamu sulit berpikiran positif. Namun, jangan sampai kamu membuang-buang waktu dan energi untuk memikirkan hal negatif. Meskipun itu adalah pengalaman buruk di masa lalu ataupun komentar orang lain yang enggak membangun. Mulailah untuk berpikiran positif terhadap diri sendiri, Beauty.

2. Menjadikan diri sendiri sebagai sahabat

Ketika kamu berhasil menjadikan diri sendiri sebagai sahabat, kamu bakal lebih mudah mengurai masalahmu sendiri. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bersahabat dengan dirimu, mulailah bercerita dengan dirimu sendiri melalui media yang kamu miliki, misal dengan menulis atau dengan lagu. Hal ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk berdamai dengan diri sendiri adalah dengan berteman baik dengan dirimu. Jangan terlalu sering menekan diri sendiri untuk menjadi sempurna, ya, Beauty.

3. Berhenti mengkritik diri secara berlebihan

Beauty, hindari untuk mengkritik diri atau menyalahkan diri sendiri secara berlebihan. Kamu tahu bahwa ketika ada orang lain yang mengkritik dirimu berulang kali secara berlebihan, pasti rasanya menyakitkan hati. Apalagi dirimu sendiri? Maka berhentilah melakukan hal itu, coba untuk bangkit dari keputus-asaan dan keraguan terhadap dirimu sendiri.

4. Maafkan dirimu

Kalau memaafkan kesalahan orang lain saja bisa kamu lakukan, maka kamu harus bisa memaafkan kesalahan dirimu sendiri. Apa pun yang terjadi di masa lalu, baik kesalahan, kegagalan ataupun ketidaksempurnaan, biarkanlah berlalu. Memaafkan diri sendiri dapat meringankan beban hati dan pikiran.

Baca Juga: Bukan Stres, Begini Keadaanmu Ketika Mengalami Kelelahan Mental

Nah, jadi itulah 4 cara yang gampang banget buat kamu coba, jangan menyerah untuk berdamai dengan diri sendiri, ya. Kamu berhak untuk tenang dan bahagia, kok!