Menu

Nggak Melulu soal Selingkuh, 4 Faktor Ini Bisa Jadi Pemicu Utama KDRT Suami ke Istri...

09 Juni 2022 13:00 WIB
Nggak Melulu soal Selingkuh, 4 Faktor Ini Bisa Jadi Pemicu Utama KDRT Suami ke Istri...

Pasangan sedang berdebat. (Futuready/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Menjalani bahtera rumah tangga memang tak akan selalu mulus dan manis. Terkadang masalah akan datang menghampiri, baik itu secara internal maupun eksternal. Salah satu masalah rumah tangga yang masih sering terjadi yaitu KDRT atau kekerasan dalam rumah tangga. 

Adanya KDRT dalam rumah tangga, biasanya muncul dari hal yang bisa memicu konflik seperti terjadi perselingkuhan. Umumnya, kasus KDRT dilakukan oleh pihak suami ke istri melalui banyak cara, baik itu secara fisik ataupun verbal dan seksual. 

Namun, ternyata pemicu KDRT nggak melulu soal perselingkuhan. Di bawah ini ada 4 faktor klasik yang menjadi penyebab terjadinya KDRT dalam hubungan rumah tangga. Apa saja? Simak berikut ini, seperti yang dilansir dari laman sindikasi GenPI.co, Kamis (9/6/2022).

1. Masalah Finansial

Ketergantungan finansial istri pada suami menjadi salah satu penyebab. Biasanya istri bergantung pada suami dengan alasan istri yang nggak bekerja. Di sisi lain, kemandirian finansial istri juga bisa menjadi penyebab KDRT, sebab suami merasa tersinggung atau cemburu.

2. Pasangan Muda

Membesarkan dan mengasuh anak-anak tentunya memerlukan keterampilan. Pasangan muda apakah sudah memilikinya? Belum matangnya emosional karena menikah mudah, menjadi salah satu faktor terjadinya KDRT.

Anak bahkan bisa menjadi pelampiasan rasa marah, cemas, dan frustrasi hingga depresi. Orangtua muda memiliki risiko lebih tinggi pada ketidakstabilan keuangan dan pendidikan yang lebih rendah.

Baca Juga: Alamak! Nikah Modal Orangtua, Suami Suvia Gassanie Tega KDRT dan Selingkuh: Dasar Mokondo!

Baca Juga: Bikin Penonton Ikut Geregetan, Ini 3 Drama Perselingkuhan Seperti Marry My Husband, Cocok Banget untuk Tontonan Akhir Pekan Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Nasibah Azzahra