Lembaga Penerbagan dan Antariksa Nasional (LAPAN) merilis peristiwa alam yang dikatakan akan terjadi pada bulan September ini, lho! Beberapa fenomena yang dikatakan akan terjadi antara lain ada bulan purnama, apogee dan perigee bulan, bulan baru dan fenomena lainnya.

Berikut ini, ada tiga teratas fenomena yang akan terjadi di bulan September yang pastinya harus banget kamu tungguin biar nggak nyesel! Penasaran?

Bulan Purnama pada 2 September 2020

Kepala Pusat Sains Antartika LAPAN mengatakan bahwa fenomena bulan purnama akan terjadi di sekitar tanggal 2 September 2020 paa pukul 12.23 WIB. Setelah itu akan berlanjut dengan terjadinya apogee bulan yang merupakan sebuah fenomena titik terdekat bulan dari bumi yang diperkirakan akan terjadi pada 6 September 2020.

Oposisi Neptunus pada 11 September 2020

Selanjutnya, LAPAN mengatakan bahwa akan ada fenomena bulan baru yang akan terlihat pada 17 September 2020. Di antara fenomena yang mengagumkan itu, akan terjadi fenomena opsisi Neptunus pada 11 September 2020. Tetapi, karena jaraknya yang sangat jauh dari Bumi, maka jika kamu melihat fenomena ini melalui teleskop kamu hanya akan melihat sebuah titik biru.

Fenomena Equinox pada 22 September 2020

Fenomena yang terakhir adalah fenomena equinox di mana fenomena ini merupakan fenomena antariksa terakhir yang bisa kamu rasakan di bulan September 2020. Peristiwa ini merupakan peristiwa di mana matahari akan menyebrangi ekuator dan menuju selatan.

Baca Juga: Duh, Ngeri Banget! Beginilah Gambaran Bumi Jika Manusia Punah

Hal ini terjadi karena lintasan matahari yang enggak sejajar dengan rotasi bumi. Sehingga matahari tampak bergerak ke utara, ke selatan dan pada 22 September matahari akan tepat berada di atas ekuator dan menuju ke selatan.