Beauty, ada masanya kamu bakal mendapati salah satu atau dua teman yang munafik atau bermuka dua di lingkungan pertemananmu. Orang yang munafik memang pandai sekali memasang topeng berbeda, lho.

Tapi tenang saja, kalau kamu sering berinteraksi dengan mereka, pasti lambat laun kamu bakal makin mudah menemukan mana orang yang munafik dan mana yang enggak.

Kamu perlu bersikap waspada untuk menghadapi orang dengan karakter munafik ini. Bisa jadi, orang-orang munafik akan membawa lebih banyak keburukan di dalam hubungan kamu dengan orang lain maupun sisi psikologi kamu.

Nah, dilansir dari beberapa sumber, untuk membantu kamu, berikut ini beberapa cara menghadapi teman yang munafik.

1. Jangan asal tuduh

Sebelum bertindak, ada baiknya untuk menyelidiki sendiri jika memang temanmu adalah orang munafik. Tanyakan ke diri sendiri, dari mana kamu menarik kesimpulan tersebut. Apakah dari diri sendiri ataukah dari orang lain? Hal ini penting kamu lakukan supaya nggak asal tuduh dan meninggalkan orang yang nggak bersalah terhadapmu.

2. Tenangkan dirimu

Menenangkan batin dan pikiran perlu dipraktekkan pada saat-saat genting, termasuk ketika menghadapi teman yang munafik ini, Beauty. Emosi yang meluap-luap bakal jadi salah meskipun sebenarnya kamu berada di posisi yang benar. Emosi yang berlebihan juga dapat membuat masalah dan situasi semakin memburuk, Beauty.

3. Amati perilakunya

Kamu harus memahami sebelum memulai pembicaraan dengan teman yang diduga munafik, ada baiknya untuk mengamati tingkah laku mereka terlebih dahulu. Perhatikan gerak-gerik temanmu selagi kamu sedang diam di dekat mereka. Apakah dia ada upaya untuk mendekati kamu dan niatan untuk memperbaiki hubungan atau nggak. Gampang banget, kan?

4. Tegaslah pada orang tersebut

Kalau cara yang lembut nggak mempan, maka ketegasan kadang perlu diterapkan. Terlebih ketika perbuatan mereka sudah kelewat batas. Namun tegas di sini perlu diiringi dengan menahan emosi supaya nggak keluar emosi berlebihan. Jangan melakukan konfrontasi dengan teman munafik ketika emosi kamu sedang meluap supaya nggak terjadi hal yang nggak diinginkan.

5. Minimalisir Curhatan

Terakhir dan paling penting untuk menghadapi teman yang munafik atau bermuka dua adalah dengan nggak menceritakan masalah kamu pada mereka. Meskipun dengan masalah orang lain yang sudah dipercayakan pada kamu untuk disimpan. Alasannya karena topik tersebut dapat menjadi bahan mereka untuk menjelekkan nama baikmu.

Baca Juga: Dear Working Moms, Ini 5 Tipe Rekan Kerja 'Toxic' yang Patut Kamu Hindari, Jauh-Jauh Pokoknya!

Nah, gampang banget, kan? Jangan biarkan dirimu terjebak dalam hubungan pertemanan yang erat dengan orang munafik ini ya!