Air mengisi hampir 60 persen berat tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk jaga tubuh tetap terhidrasi karena kehilangan banyak cairan dapat berdampak negatif pada tubuh.

Jika tubuh terhidrasi dengan benar, itu akan bermanfaat untuk kesehatan jantung. Saat tubuh terhidrasi, kinerja jantung akan meingkat dan bisa dengan mudah memompa darah melalui pembuluh darah ke otot. Saat tubuh terisi cukup air, itu juga akan membantu otot bekerja secara efisien.

Namun, sebagian orang masih mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Kondisi ini dapat berdampak serius pada kesehatan.

"Beberapa tanda pertama kamu mengalami dehidrasi, seperti alami kulit kusam, kering, mata kering, urin berwarna kuning tua, pusing, sakit kepala dan kram," ujar Will Cole, ahli kedokteran fungsional, kepada Mind Body Green.

Saat tubuh dehidrasi, itu juga bisa menyebabkan pembengkakan pada kaki, sakit kepala, atau berisiko terkena penyakit yang mengancam jiwa, seperti heat stroke.

Dengan segala risiko kesehatan yang mengancam, pakar kesehatan merekomendasikan untjm minum setidaknya delapan gelas air setiap hari agar tetap terhidrasi dengan baik.

Namun, jumlah gelas yang disarankan tak akan mencukupi total kebutuhan air. Untuk memenuhi kebutuhan hidrasi harian, kamu harus mengonsumsi hingga 100 ons air sehari.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini Lho Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Tetapi minum bukanlah satu-satunya pilihan untuk tetap terhidrasi. Sebenarnya kamu bisa mengonsumsi buah untuk memberi tubuh cukup cairan, seperti jeruk, strawberry dan semangka.