Menu

Waspada! Terdeteksi di Indonesia, Kemenkes Ungkap Tingkat Keparahan Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5

13 Juni 2022 12:05 WIB
Waspada! Terdeteksi di Indonesia, Kemenkes Ungkap Tingkat Keparahan Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5

Ilustrasi varian Omicron membawa banyak mutasi baru (Shutterstock/Corona Borealis Studio)

HerStory, Medan —

Melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pemerintah menyebutkan bahwa subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 sudah ditemukan di Indonesia. Juru bicara Kemenkes, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH menerangkan soal tingkat keparahan virus ini.

Ia menjelaskan bahwa subvarian terbaru ini memiliki tingkat keparahan yang lebih rendah dibandingkan dengan subvarian sebelumnya. 

“Dari laporan itu disampaikan bahwa transmisi BA.4 maupun BA.5 memiliki kemungkinan menyebar lebih cepat dibandingkan subvarian omicron BA.1 dan BA.2. Kemudian tingkat keparahan dari BA.4 dan BA.5 disampaikan tidak ada indikasi menyebabkan kesakitan lebih parah dibandingkan varian omicron lainnya,” kata dr. Syahril, melansir media sindikasi Suara.com.

Syahril mengatakan di tingkat global secara epidemiologi subvarian BA.4 sudah dilaporkan sebanyak 6.903 sekuens melalui GISAID. Laporan tersebut berasal dari 58 negara dan ada 5 negara dengan laporan BA.4 terbanyak, antara lain Afrika Selatan, Amerika Serikat, Britania Raya, Denmark, dan Israel.

Sedangkan BA.5 sudah dilaporkan sebanyak 8.687 sekuens dari 63 negara. Ada 5 negara dengan laporan sekuens terbanyak yaitu Amerika, Portugal, Jerman, Inggris, dan Afrika Selatan.

Ada 3 negara yakni Afrika Selatan, Portugal, dan Chili, yang kenaikan kasus COVID-19 dikaitkan dengan meningkatnya kasus BA.4 dan BA.5. Sementara di Indonesia kasus adanya BA.4 dan BA.5 dimulai di awal Juni 2022.

Menurut dr. Syahril perlu diwaspadai terjadinya immune escape. Kondisi ini terjadi ketika imunitas seseorang memiliki kemungkinan lolos dari perlindungan kekebalan yang disebabkan oleh infeksi varian omicron.

Baca Juga: Salut! Putri Sofia Bantu Kerja di RS Lawan Covid-19

Baca Juga: Di Tengah Pandemi, Aaliyah Massaid Nyanyikan Lagu 'Saling Peduli'

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Noorma Amalia Siregar