Orang tua adalah contoh bagi anak-anaknya. Apa yang dilakukan para orang tua kemungkinan besar akan mudah ditiru oleh sang anak. Sebagai orang tua seharusnya kita dapat menjaga beberapa perilaku maupun tindakan yang pantas dilakukan di depan anak. Bukan tidak mungkin perilaku yang kurang baik yang,suatu saat pun akan dilakukan oleh anak. Bahkan dapat dikatakan anak merupakan cerminan dari orang tua yang sebenarnya.

Lalu, apa saja kebiasaan buruk yang seringkali enggak disadari para orang tua, berikut ini beberapa kebiasaan buruk tersebut.

Menggunakan gadget terlalu sering didepan anak

Para orang tua seringkali tetap menggunakan gadget ketika di rumah untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan kantor yang belum terselesaikan, namun jika para orang tua terlalu sibuk menggunakan gadgetnya dan hal ini terus menurus dilihat sang anak ia akan merasa bahwa enggak diperdulikan. Nggak hanya itu sang anak akan berpikir bahwa gadget baik untuk digunakan setiap saat, pada akhirnya dikemudian hari anak akan lebih akrab dengan gadget dibanding dengan orangtua mereka.

Tidak menghargai perbedaan 

Setiap manusia memiliki perbedaan antara satu orang dengan orang lain, hal ini juga berlaku untuk para orang tua dan sang anak. Berbagai perbedaan seperti perbedaan hobi, kesukaan, perkerjaan, dan hal lain ternyata patut untuk diterima dan dihargai. Namun, beberapa orang tua ternyata seringkali memaksakan kehendak sendiri seperti menyuruh sang anak menyukai berbagai hal yang tidak ia suka dan mengikuti semua kemauan orang tua. Hal ini ternyata membuat sang anak menjadi orang yang egois dan peduli anak dirinya sendiri ketika ia berada di lingkungan sosialnya. 

Mengkritik keadaan

Tanpa sadar apa yang keluar dari mulut kita nggak kita sadari, beberapa hal keluar begitu saja seperti mengeluh karena keadaan. Ternyata kebiasaan ini akan bisa buat anak memahami bahwa nggak ada namanya rasa syukur atas apa yang didapatkan, para anak bisa mencontoh perilaku buruk ini dari orang tuanya. Anak juga cenderung memiliki rasa tidak puas dan bisa memiliki perilaku depresi di kemudian hari.

Baca Juga: Moms, Anak Kebiasaan Menggigit Kuku? Yuk, Hentikan Kebiasaan Si Kecil dengan Cara Ini!

Kira-kira dari kebiasaan buruk diatas, ada yang sering kalian lakukan nggak moms? Jika iya, Yuk ubah kebiasaan buruk tersebut!