Homeschooling merupakan sekolah mandiri yang dilakukan secara individual atau berkelompok banyak orang tua yang mengikutkan anak-anak mereka di homeschooling, hal ini dilakukan karena kebutuhan pendidikan dari setiap anak berbeda-beda. Homeschooling memiliki sifat yang fleksibel dan juga kontekstual.

Orang tua menjadi orang yang memiliki peran penting dalam mendesain sekolah yang sesuai dengan anak-anak mereka karena orang tua yang memiliki pandangan mengenai pendidikan seperti apa yang ingin didapatkan oleh anak-anak mereka.

Di Jakarta sudah banyak lembaga homeschooling dengan berbagai macam ciri khas, namun kali ini HerStory ingin merekomendasikan empat homeschooling terbaik di Jakarta untuk buah hati.

Primagama

Primagama merupakan homeschooling rekomendasi HerStory yang pertama. Di dalam website pribadi mereka dikatakan bahwa mereka merupakan sekolah yang berbasis bakat dan minat. Hal ini yang membuat metode pembelajaran mereka lebih menggunakan pendekata psikologis dan akademik.

Kurikulum yang dimiliki oleh mereka adalah kurikulum nasional (TK, SD, SMP, SMA), Internasional (Cambridge International Examination), dan kurikulum anak berkebutuhan khusus. Mata pelajaran yang ada di homeschooling Primagama ini adalah mata pelajaran yang masuk dalam Ujian Nasional dengan tambahan materi yang sesuai dengan minat siswanya.

Baca Juga: Untuk Kamu yang Intovert dan Bingung Cari Jurusan Kuliah, Boleh Cek 5 Jurusan Berikut Ini!

Selain di bidang akademik, Prigama juga memberikan anak-anak kebebasan untuk memiliki ekstrakulikuler yang sesuai dengan minat mereka. Dan juga Primagama sendiri sudah memiliki banyak sanggat untuk menyalurkan serta mengembagkan minat masing-masing siswa mereka.