Fase menopause menjadi fase yang tidak dapat kita hindari. Semakin bertambahnya umur, semakin kita mendekati fase menopause ini. Umumnya menopause mulai terjadi saat wanita menginjak usia 40-an atau bahkan mulai dirasakan saat menginjak umur 35 tahun. 

Saat tubuh sudah mencapai menopause, banyak perubahan yang akan terjadi pada tubuh kamu. Apa aja ya?

Melansir dari Goodhousekeeping.com (4/9/2020), saat seorang wanita menginjak usia 30-40-an tahun, siklus menstruasi tidak lagi teratur. Jika umumnya wanita mengalami menstruasi selama sebulan sekali, saat menuju fase menopause ini menstruasi kamu lebih jarang. Namun, meskipun jarang, sekali menstruasi akan keluar dalam jumlah yang banyak. Pada tahap awal menopause ini juga kamu akan mengalami keringat malam.

Disaat kamu mulai menginjak usia 50-an, tubuh kamu akan mengalami lebih banyak perubahan. Pada usia ini kamu benar-benar tidak lagi mengalami menstruasi. Kamu juga akan lebih sering mengalami hot flash. Apa itu hot flash?

Hot flash merupakan rasa panas disertai dengan keringat dan detak jantung yang cepat. Biasanya dapat terjadi selama 2-30 menit. hot flash ini akan dialami oleh wanita menopause selama 7 tahun atau mungkin lebih lama dari itu.

Saat memasuki usia 60-an, hot flash sudah tidak lagi terjadi pada tubuh. Akan tetapi, pada usia ini vagina akan mengering sehingga lebih sakit untuk melakukan hubungan intim. Bahkan pada usia ini kamu akan lebih rentan terkena penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

Meskipun begitu, ada cara lain agar menopause enggak terlalu memberikan efek yang tidak menyenangkan bagi tubuh. Salah satunya adalah dengan rutin berolahraga. Dengan berolahraga akan menyehatkan jantung dan dapat lepas dari resiko kanker.

Baca Juga: Waspada! Wanita yang Kelebihan Berat Badan Berisiko Alami Menopause Dini

Itu dia apa saja yang berubah disaat kamu sudah berada dalam tahap menopause. Semoga bermanfaat,ya!