Menu

Catat! Ini Dia Manfaat Jujube, Buah Mirip Kurma yang Punya Sejuta Khasiat! Salah Satunya Bisa Bikin...

14 Juni 2022 08:45 WIB
Catat! Ini Dia Manfaat Jujube, Buah Mirip Kurma yang Punya Sejuta Khasiat! Salah Satunya Bisa Bikin...

Ilustrasi jujube, kurma Cina (Suara.com/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Mungkin nama buah jujube terdengar sangat aneh di telinga. Namun, buah ini sudah dipercaya memiliki nutrisi yang sangat tinggi lho. Umumnya, buah ini memiliki kelopak kecil berwarna hijau kekuningan dan buahnya yang terlihat seperti kurma. Lalu, apakah kamu penasaran manfaat dari buah yang satu ini?

Diketahui, buah-buahan ini berasal dari Asia selatan, termasuk Cina selatan dan tengah. Namun, sekarang telah diperkenalkan ke seluruh dunia, terutama Eropa, dan tersedia di banyak toko impor buah eksotis. Jujube dikenal juga dengan sebutan kurma Cina atau kurma merah.

Yang paling menakjubkan tentang buah jujube adalah bahwa ia sudah tumbuh lebih dari 10.000 tahun. Pada masa tersebut, lebih dari 400 kultivar yang berbeda ditemukan. Dalam penggunaan kuliner, jujube dikonsumsi sebagai buah, permen kering atau dalam bentuk jus. Di beberapa negara, bijinya dibuang dan dagingnya ditumbuk dengan gula dan buah- buahan lain menjadi kue yang bisa dijemur.

Terlepas dari bagaimana cara jujube dikonsumsi, antioksidan kuat dan senyawa organik yang ditemukan dalam buah yang mengesankan ini akan memberi kamu berbagai efek yang baik untuk kesehatan tubuh. Nah mlansir dari sejumlah sumber, berikut ini manfaat jujube yang menarik untuk diketahui.

1. Membantu Mengtasi Insonmia

Bagi orang yang menderita insomnia atau gelisah, mengkonsumsi ekstrak biji buah jujube bisa menjadi obat yang baik. Sifat menenangkan dari senyawa organik yang terkandung dalam buah yang bermanfaat ini dapat menenangkan tubuh dan pikiran, jadi jika kamu merasa tak bisa tidur di malam hari, mungkin rebusan jujube kecil adalah yang kamu butuhkan. 

2. Mengatur Sirkulasi

Buah jujube adalah sumber yang kaya akan zat besi dan fosfor, yang merupakan bahan utama dalam sel darah merah. Jika kamu mengalami anemia, ini berguna untuk meningkatkan asupan zat besi dan fosfor dan membantu juga dalam meningkatkan aliran darah  hingga mengoksidasi sistem organ kamu lebih efektif.

Baca Juga: Bagaimana Mengatasi Insomnia di Masa Kehamilan?

Baca Juga: Dear Bumil, Sering Insomnia? Coba Konsumsi 4 Makanan Ini

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza