Menu

5 Sayuran yang Jauh Lebih Bergizi Ketika Diolah, Apa Saja Ya?

14 Juni 2022 15:10 WIB
5 Sayuran yang Jauh Lebih Bergizi Ketika Diolah, Apa Saja Ya?

Sayur wortel. (Unsplash/Sandie Clarke)

HerStory, Jakarta —

Sayuran memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh. Diet sayuran mentah juga cukup populer dan gak sedikit orang yang menggemarinya. Keyakinannya adalah bahwa semakin sedikit makanan yang diproses, maka semakin baik.

Namun, ada beberapa sayuran yang justru akan lebih bergizi setelah dimasak. Apa saja? Berikut lima di antaranya, dilansir The Conversation:

1. Jamur

Jamur mengandung sejumlah besar antioksidan ergothioneine yang dilepaskan selama memasak. Antioksidan membantu memecah radikal bebas, bahan kimia yang dapat merusak sel-sel penyebab penyakit dan penuaan.

2. Bayam

Bayam kaya akan nutrisi, termasuk zat besi, magnesium, kalsium, dan seng. Namun, nutrisi ini lebih mudah diserap saat bayam dimasak.

Ini karena bayam dikemas dengan asam oksalat yang menghalangi penyerapan zat besi dan kalsium. Jadi, memanaskan bayam akan melepaskan kalsium yang terikat, membuatnya lebih mudah diserap tubuh.

Penelitian menunjukkan mengukus bayam mempertahankan kadar folat (B9), yang dapat mengurangi risiko kanker tertentu.

3. Tomat

Memasak, menggunakan metode apa pun, sangat meningkatkan antioksidan likopen dalam tomat. Likopen telah dikaitkan dengan risiko penyakit kronis yang lebih rendah, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Peningkatan jumlah likopen ini berasal dari panas yang membantu memecah dinding sel yang tebal, yang mengandung beberapa nutrisi penting.

Meskipun memasak tomat mengurangi kandungan vitamin C hingga 29%, kandungan likopennya meningkat lebih dari 50am waktu 30 menit setelah dimasak.

4. Wortel

Wortel yang dimasak mengandung lebih banyak beta-karoten daripada wortel mentah, yang merupakan zat disebut karotenoid yang diubah tubuh menjadi vitamin A.

Vitamin yang larut dalam lemak tersebut mendukung pertumbuhan tulang, penglihatan, dan sistem kekebalan tubuh.

Memasak wortel akan meningkatkan antioksidan dua kali lipat. Lebih baik merebus wortel sebelum diiris, untuk mencegah antioksidan keluar ke air rebusan. Hindari menggoreng wortel karena terbukti mengurangi jumlah karotenoid.

5. Kacang hijau

Kacang hijau memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi saat dipanggang, dipanaskan, atau digoreng, dibandingkan direbus atau dimasak menggunakan pressure cooker atau panci bertekanan.

Baca Juga: 3 Sayuran Terbaik untuk Wanita, Bisa Memperkuat Otot...

Baca Juga: Bukan Cuma Wortel, Ini 3 Sayuran yang Baik untuk Kesehatan Mata

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Cherryn Lagustya