Menu

Moms, Terlalu Overparenting Bisa Berdampak Buruk untuk Tumbuh Kembang Anak, Begini Cara Atasinya...

14 Juni 2022 20:44 WIB
Moms, Terlalu Overparenting Bisa Berdampak Buruk untuk Tumbuh Kembang Anak, Begini Cara Atasinya...

Ilustrasi ibu dan anak yang sedang berbicara (MomLife Today/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Bagi setiap orang tua tentunya memiliki pola asuh terbaik untuk tumbuh kembang sang buah hati. Namun, pengasuhan yang diberikan terkadang justru malah menghambat pertumbuhan anak. Salah satu yang sering dilakukan adalah terlalu mengekang dan berlebihan dalam mengatur hidup anak-anak.

Pola asuh seperti ini dikenal dengan overparenting. Hal ini akan menjadi buruk karena akan menciptakan karakter buruk bagi anak.

Psikolog anak, Devi Sani mengungkapkan, pola asuh overparenting cenderung berlebihan melindungi dan mengatur segala sesuatu sesuai keinginan orang tua.

"Orang tua yang menerapkan pola asuh ini biasanya cenderung tidak sadar," jelas Devi kepada GenPI.co, dilansir dari laman sindikasi GenPI.co, Selasa (14/6/2022).

Menurutnya, beberapa alasan orang tua jadi overparenting karena ingin memberikan perhatian lebih terhadap sang anak. Padahal, perhatian yang cenderung berlebihan tersebut hanya membuat sang buah hati tidak nyaman bahkan bisa melawan orang tua.

"Anak yang memiliki orang tua overparenting setiap harinya bisa merasa khawatir hingga takut menentukan apa yang sebenarnya mereka inginkan," lanjutnya.

Devi menjelaskan, dampak dari pola asuh ini bisa membuat hubungan antara orang tua dan anak menjadi renggang.

Alih-alih menerapak pola asuh seperti ini, orang tua dapat memberikan perhatian secukupnya pada anak dengan komunikasi yang baik, daripada menciptakan aturan ketat

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Paling Mungkin Menderita Gangguan Kecemasan saat Menjalin Hubungan, Kamu Bukan?

Baca Juga: Catat, Moms! Dukung Kesehatan Mental Anak dengan Terapkan 5 Hal Ini, Lakukan Demi Si Buah Hati

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Oleh: Nasibah Azzahra