Menu

Sederet Dampak Buruk yang Terjadi Jika Orang Tua Berbicara Nada Tinggi Pada Anak, Catat Moms!

14 Juni 2022 20:55 WIB
Sederet Dampak Buruk yang Terjadi Jika Orang Tua Berbicara Nada Tinggi Pada Anak, Catat Moms!

Ilustrasi seorang ibu yang memarahi anaknya (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Berkomunikasi pada anak tentunya sangat penting sebagai momen bonding yang baik antara orang tua dan anak. Sebab, orang tua bisa menyampaikan keinginannya kepada anak tanpa terkesan menuntut banyak hal.

Seorang Psikolog anak, Devi Sani mengatakan, banyak oranhgtua yang cenderung menyampaikan sesuatu dengan nada tinggi sehingga terkesan memaksa.

"Berbicara dengan nada tinggi bahkan cenderung memaksakan kehendak sudah merupakan pola asuh overparenting," jelas Devi kepada GenPI.co, dilansir dari laman sindikasi GenPI.co, Selasa (14/6/2022).

Menurut Devi, nada bicara tinggi tak baik dan bisa membuat anak merasa tertekan. Devi menjelaskan overparenting memiliki dampak sangat serius bagi perkembangan anak.

“Mulai tidak mampu membela diri, takut memecahkan masalah, hingga menjadi seseorang yang materialistis dan manipulatif," lanjutnya.

Menurut dia, overparenting juga bisa membuat anak masuk pergaulan negatif. Oleh karena itu, Devi menyarankan orang tua mendidik anak dengan cara positif.

"Berilah kepercayaan pada sang buah hati agar dia bisa lebih terbuka pada orang tua dan taat akan setiap aturan yang ada," katanya. 

Baca Juga: Perlu Waspada! Ternyata Ini Tanda Pola Asuh yang Salah Pada Anak

Baca Juga: Waduh! Bikin Penat, 8 Tips Penting Supaya Nggak Membandingkan Diri dengan Pengasuhan Anak Lain, Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Oleh: Nasibah Azzahra