Setiap anak yang tumbuh dan berkembang memiliki kepribadian serta karakteristik yang berbeda antara satu anak dengan anak yang lainnya. Perbedaan tersebut nggak hanya tentu kepribadian dan karakteristik tetapi perbedaan juga terjadi dalam gaya belajar seorang anak. Gaya belajar merupakan sebuah cara atau pendekatan yang dilakukan seorang anak untu memudahkan ia dalam menyimpan sebuah informasi. 

4 gaya belajar tersebut terdiri dari,

Tipe Auditory

Seorang anak yang memiliki gaya belajar auditory, akan memahami berbagai informasi dengan cara mendengarkan, anak-anak yang memiliki tipe belajar seperti ini akan senang ketika dilakukannya proses tanya jawab karena dengan begitu ia bisa mendengar.

Tipe Visual

Gaya belajar anak yang memiliki tipe visual lebih mudah untuk memahami informasi dengan melihat grafik, bagan, diagram, gambar, dan warna secara langsung. Anak yang memiliki tipe belajar visual ini suka menulis kembali materi pelajaran yang ia dapatkan. 

Tipe Reading/Writing

Anak yang memiliki tipe reading/writing ini lebih menyukai cara belajar dengan membaca sebuah informasi terlebih dahulu dan kemudian menuliskannya. 

Tipe Kinesthetic

Dalam tipe ini, seorang anak akan lebih mudah memahami informasi dengan melakukan segala hal secara langsung. Mereka cenderung menyukai sebuah praktik dibanding sebuah teori. Terkadang mereka cenderung belajar sambil menggerak-gerakkan badannya bahkan sambil berjalan-jalan. 

Lalu, bagaimana untuk para moms dapat mengenali cara belajar seorang anak?

Secara psikolog, para moms dapat mengenalinya dengan berbagai cara berikut.

Memperhatikan kebiasaan anak 

Memperhatikan kebiasaan anak ini dapat dilakukan ketika sang anak melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, apakah anak tersebut lebih banyak berbicara, lebih menyukai membaca buku, atau banyak melakukan gerakan dan lebih senang mendengarkan orang berbicara. Dengan memperhatikan kebiasaan-kebiasaan tersebut, para moms dapat mengenali sang anak termasuk kedalam tipe belajar yang seperti apa. 

Perhatikan sesuatu yang menganggu konsentrasi anak

Ketika sang anak sedang berkonsentrasi saat belajar atau melakukan sesuatu namun ternyata ada hal yang menganggu konsentrasinya, seperti ketika anak sedang membaca buku kemudian ada suara kucing yang dapat menganggu konsentrasinya berarti anak tersebut masuk dalam tipe auditori. Tetapi jika anak tersebut nggak merasa terganggu dengan hal itu, maka sang anak termasuk dalam tipe kinesthetic 

Mendampingi anak saat belajar

Dengan ikut mendampingi anak ketika belajar, para moms dapat memperhatikan perilaku dan kebiasaan yang anak lakukan ketika menerima sebuah informasi. Dengan ini moms akan mengetahui sang anak memiliki tipe belajar yang seperti apa.

Baca Juga: Moms, Anak Kebiasaan Menggigit Kuku? Yuk, Hentikan Kebiasaan Si Kecil dengan Cara Ini!

Semoga bermanfaat!