Beauty, menjadi teman yang baik nggak selalu mudah, tapi kalau kamu luangkan waktu untuk memupuk pertemanan yang awet, usaha sekecil apa pun pastilah berharga. Seiring berlalunya waktu, beberapa orang akan tetap menemani Anda, tapi lebih banyak yang nggak. Saat itulah kamu akan sadar, betapa berharganya tiap hubungan pertemanan yang bisa kamu jaga. Tentu saja, untuk memiliki teman baik, kamu harus siap menjadi teman baik. Makanya, perlu banyak upaya dan atensi. 

Kamu harus bisa dipercaya, hadir untuk teman kamu saat dia mengalami kesulitan, dan memperdalam hubungan untuk menjadikannya awet. Langkah-langkah berikut bisa membantu kamu mengetahui cara menjadi teman yang baik.

Dilansir dari beberapa sumber, inilah  cara ampuh yang bisa kamu ikuti. Simak, ya!

1. Menjaga kepercayaan

Penuhi janji-janji kamu. Jangan pernah membuat janji yang nggak bisa kamu penuhi. Atau, setidaknya, jangan jadikan itu kebiasaan. Kalau kamu berkata bahwa kamu akan datang menemui teman kamu, tapi kemudian muncul sesuatu yang bisa jadi alasan untuk membatalkannya, jelaskan situasinya. 

Percayalah, pertemanan cukup kuat untuk penolakan maupun persetujuan. Enggak ada manusia sempurna. Makanya, nggak masalah kalau kamu gagal memenuhi janji sesekali. Tapi jangan terus-menerus mengulanginya, ya!

2.  Bisa diandalkan

Jadilah orang yang bisa diandalkan. Menjadi teman yang bisa diandalkan adalah salah satu aspek penting dalam upaya menjadi teman yang baik. Enggak seorang pun suka dan mau berteman dengan orang yang terlalu impulsif dan nggak terduga. Sulit mengandalkan orang yang nggak konsisten dan susah dipercaya. 

Baca Juga: Menikah Dengan Sahabat? Inilah Keuntungannya!