Menu

Gak Ganti Celana Dalam Selama Dua Hari? Ini 5 Hal yang Bakal Terjadi Lho, Ewhhh

15 Juni 2022 17:30 WIB
Gak Ganti Celana Dalam Selama Dua Hari? Ini 5 Hal yang Bakal Terjadi Lho, Ewhhh

Ilustrasi celana dalam wanita. (Freepik/mikelaptev)

HerStory, Jakarta —

Menjaga kesebersihan organ intim nggak cuma soal membilasnya dengan air bersih saja, namun juga tentang mengganti celana dalam secara teratur. Baik bagi pria maupun wanita, hal ini bisa menjadi masalah jika mengenakan kembali celana dalam yang kotor dan gak dicuci selama dua hari atau lebih.

Ini karena efek samping dari memakai celana dalam kotor ini dapat bertahan lama, mungkin mengarah ke kondisi yang lebih serius di kemudian hari.

Dirangkum dari Bustle, berikut 5 hal menjijikkan yang bisa terjadi jika gak mengganti celana dalam selama dua hari berturut-turut.

1. Bau gak sedap

Mengenakan kembali pakaian dalam yang sama selama dua hari atau lebih pada suatu waktu bisa berdampak pada bau yang dikeluarkan.

Sebab, ada lebih banyak keringat, kotoran, dan kelembapan di area selangkangan. Terlebih jika kamu memakainya sepanjang hari dengan aktivitas yang padat. Akibatnya bisa menimbulkan bau gak sedap.

2. Noda di celana dalam

Meski noda di celana dalam adalah hal yang wajar, namun jika kamu gak sering menggantinya, hal ini juga dapat menyebabkan noda menumpuk di sana.

3. Infeksi jamur

Infeksi jamur gak hanya ditemukan pada wanita, tapi juga pada pria dan sama buruknya. Infeksi jamur terjadi ketika ada penyebaran bakteri. Saat kamu memakai kembali celana dalam yang kotor, sama saja kamu membiarkan bakteri dari hari sebelumnya menumpuk.

4. Jerawat dan masalah kulit

Tentu, kamu juga bisa mendapatkan jerawat dan ruam di area genital. Maka pastikan untuk mengganti celana dalam untuk mengurangi risiko menumpuknya kotoran dan minyak yang akan menyebabkan kemerahan, jerawat, iritasi, dan banyak lagi masalah kulit.

5. Peningkatan sekresi

Karena akumulasi kelembapan, sangat mungkin terjadi peningkatan sekresi cairan dan keluarnya cairan jika tidak mengganti celana dalam. Jadi, ketika bersentuhan dengan alat kelamin kamu, itu dapat memungkinkan bakteri masuk yang dapat menyebabkan infeksi dan kondisi lainnya. Itu mungkin memerlukan perawatan lebih lanjut, seperti antibiotik.

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu! Ini Manfaat Tidur Tanpa Celana Dalam Bagi Kesehatan Vagina

Baca Juga: Harus Seberapa Sering Ya Ganti Celana Dalam untuk Kesehatan Miss V?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Cherryn Lagustya