Menu

Varian Baru Covid BA.4 dan BA.5 Mulai Masuk Indonesia, Ini Gejala Gak Umum yang Harus Kamu Ketahui

16 Juni 2022 16:00 WIB
Varian Baru Covid BA.4 dan BA.5 Mulai Masuk Indonesia, Ini Gejala Gak Umum yang Harus Kamu Ketahui

Ilustrasi wanita mengalami long Covid. (Times of India/Edited By HerStory)

HerStory, Bandung —

Baru-baru ini terdeteksi infeksi Covid-19 varian baru, yakni, Sub-varian omicron BA.4 dan BA.5. Kedua varian ini pun telah dikonfirmasi sudah masuk ke Indonesia yang diungkapkan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Menurutnya, kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi beberapa waktu terakhir ini memang dikarenakan adanya kasus varian baru tersebut.

Meski begitu, kasus Covid-19 di Indonesia menurutnya masih terpantau baik. Penyebabnya adalah angkat positivity rate dan transmisi kasus yang dilaporkan rendah.

Sejauh ini, hanya DKI Jakarta yang mencatatkan angka positivity rate pada level 3%. Sementara itu secara nasional masih dilaporkan berada di 1,1%.

Namun, tetap perlu waspada ya Moms. Pasalnya Covid-19 varian baru ini memiliki gejala kurang umum yang harus diwaspadai. Berikut ini tanda-tanda omicron BA.4 dan BA.5 yang wajib diwaspadai, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (16/6/2022).

Gejala Umum

- Demam

- Batuk

- Kelelahan

- Hilangnya rasa atau bau

Gejala Kurang Umum

- Hidung tersumbat atau rinore: 59 persen

- Demam: 38 persen

- Mual atau muntah: 22 persen

- Sesak napas: 16 persen

- Diare: 11 persen

- Anosmia atau ageusia: 8 persen

- Sakit tenggorokan

- Sakit kepala

- Ruam pada kulit, atau perubahan warna jari tangan atau kaki

- Mata merah atau iritasi

Kementerian Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut puncak kedua subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 akan tiba di minggu kedua atau ketiga Juli 2022. Juga, disebut tidak akan separah gelombang varian Delta dan Omicron (BA.1). Meskipun demikian, ia menyebut masyarakat tidak perlu panik menyikapi kenaikan kasus COVID-19 kali ini.

Baca Juga: Salut! Putri Sofia Bantu Kerja di RS Lawan Covid-19

Baca Juga: Di Tengah Pandemi, Aaliyah Massaid Nyanyikan Lagu 'Saling Peduli'

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.