Belakangan marak para publik figur ditangkap oleh pihak yang berwajib karena penyalah gunaan narkoba. Jadi salah satu hal yang sering terjadi di Indonesia, mengapa penggunaan narkoba bisa membuat seseorang jadi ketagihan?

Sudah jadi rahasia umum bahwa penggunaan narkoba dapat memberikan efek buruk hingga membahayakan tubuh. Berawal dari coba-coba, penggunaan narkoba erat kaitannya dengan disalahgunakan hingga kecanduan. Lantas, mengapa beberapa obat sangat menarik bahkan orang yang menggunakannya bisa menjadi kecanduan?

Semua bermuara pada cara obat mempengaruhi kimiawi otak. Praktis semua zat adiktif bekerja pada sirkuit hadiah alami di otak, mengubah cara seseorang merasa, berpikir, dan bertindak saat zat tersebut . Itu jadi salah satu hal yang membuat penggunanya merasa tergantung hingga terus mengonsumsi obat terlarang tersebut.

Ketika seseorang meminum minuman beralkohol, menggunakan obat penghilang rasa sakit, menyuntikkan heroin atau menghirup kokain, obat-obatan ini mengubah cara otak mereka memproses bahan kimia yang dikenal sebagai neurotransmiter.

Baca Juga: Bahaya Bagi Kesehatan, Ini yang Terjadi pada Tubuh Pengguna Sabu