Menu

Cegah Diabetes dengan 6 Langkah Sehat Anjuran Kemenkes, Nomor 4 Wajib Banget Nih

16 Juni 2022 14:05 WIB
Cegah Diabetes dengan 6 Langkah Sehat Anjuran Kemenkes, Nomor 4 Wajib Banget Nih

Ilustrasi wanita sedang glucose meter untuk mengenali gejala brittle diabetes. (Freepik/jcomp)

HerStory, Medan —

Diabetes melitus merupakan penyakit gak menular namun harus tetap butuh perhatian khusus. Penyakit yang satu ini merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia setelh stroke dan jantung.

Adapun yang menyebabkan seseorang menderita diabetes adalah menumpuknya gula darah akibat insulin yang gak dihasilkan atau gagal bekerja dengan baik. Salah satu cara untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada beberapa langkah sehat yang wajib diterapkan untuk mencegah diabetes. Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Berhenti Merokok

Merokok merupakan salah satu kegiatan yang bukan saja tidak sehat bagi paru-paru, namun juga dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes melitus. untuk itu, hindari penggunaan tembakau (rokok dan tembakau kunyah) serta berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol.

2. Mempertahankan Berat Badan IdealĀ 

Mengatur pola makanĀ  dengan gizi seimbang untuk mempertahankan berat badan ideal. Kurangi konsumsi karbohidrat dan perbanyak makanan yang kaya akan serat.

3. Melakukan Aktifitas Fisik

Aktivitas fisik ringan seperti berjalan, menaiki tangga, hingga melakukan aerobik juga terbukti mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi sehat, berat badan ideal, dan sekaligus meminimalisir seseorang menderita penyakit diabetes melitus.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.