Dalam sehari, sarapan jadi salah satu waktu makan yang paling penting. Pasalnya sarapan bisa membuat tubuh kuat menjalani aktivitas harian yang padat. Untuk itu, penting memilih menu makanan yang dikonsumsi saat sarapan. Salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi saat sarapan adalah telur.

Telur telah menjadi makanan pokok sejak jaman dahulu kala. Bukan hanya populer, ada manfaat kesehatan yang bisa diraih dengan rajin konsumsi telur saat sarapan. Berikut adalah beberapa manfaat memasukkan telur ke dalam menu sarapan.

1. Penuh Gizi

Meskipun ukurannya relatif kecil, telur mengandung banyak nutrisi dan bisa menjadi makanan pokok yang penting dalam diet yang seimbang. Satu telur rebus berukuran besar memiliki sekitar 77 kalori dan mengandung Vitamin A, B5, B12, D, E, K, B6. Selain itu, telur juga mengandung folat, fosfor, kalsium, 6 gram protein serta 5 gram lemak sehat.

“Telur adalah sumber protein yang sempurna (baik putih / kuning telur). Telur juga mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung dan merupakan sumber nutrisi penting yang hebat, seperti vitamin B6, B12, dan vitamin D,” kata Kurt Hong, MD, profesor klinis kedokteran di Keck School of Medicine of USC.

2. Meningkatkan Kolesterol Baik

Makan telur menyebabkan peningkatan kadar high-density lipoprotein (HDL), yang juga dikenal sebagai kolesterol "baik". Orang yang memiliki kadar HDL lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya. Menurut sebuah penelitian, makan dua telur sehari selama enam minggu meningkatkan kadar HDL sebesar 10%.

Baca Juga: Resep Simple Cream Soup, Cocok Jadi Menu Sarapan yang Bikin Tubuh Hangat