Jantung jadi salah satu organ tubuh yang sangat penting menunjang keberlangsungan hidup. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Enggak perlu olahraga yang merepotkan! Banyak hal mudah yang bisa dilakukan untuk menyehatkan jantung. Salah satu caranya adalah cukup dengan berdiri.

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Cardiology (JACC) menemukan bahwa aktivitas fisik dalam jumlah kecil, termasuk berdiri, berhubungan dengan risiko penyakit kardiovaskular (jantung) yang lebih rendah.

"Manfaat terbesar untuk menyehatkan jantung adalah berolahraga, terlepas dari intensitasnya, sementara bahayanya berlipat ganda: tidak berolahraga sama sekali atau berolahraga secara intens, tanpa persiapan yang memadai," kata Pemimpin Redaksi JACC, Dr. Valentin Fuster, MD, PhD, Direktur Spesialis Jantung di Hospital Mount Sinai.

Penelitian ini menunjukkan bahwa olahraga paling bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu, diketahui juga bahwa olahraga intensitas sedang dan berat dapat menurunkan angka kematian.

Baca Juga: Lakukan Aktivitas Fisik Bersama si Kecil di Rumah, Berikut 3 Olahraga yang Aman Untuk Anak

Olahraga yang baik untuk kesehatan kardiovaskular, meliputi: latihan sirkuit, berenang, lari, dan bersepeda. Ketika dilakukan setidaknya tiga kali seminggu selama satu jam setiap hari, latihan ini terbukti sangat bermanfaat dalam mendukung kesehatan seseorang, tim peneliti menyimpulkan.