Disaat anak memasuki usia remaja banyak hal yang berubah pada dirinya tidak hanya secara fisik, tetapi pola pikir mereka juga akan berubah. Terutama disaat munculnya teknologi yang semakin maju ini yang dapat mempengaruhi pola pikir mereka. 

Misalnya saja dalam penggunaan media sosial. Melansir dari Parents.com (7/9/2020), berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pew Research Center 2018, sebanyak 41% anak remaja menghabiskan waktunya menggunakan gadget untuk membuka media sosial. 

Waduh, ada dampak negatifnya enggak ya?

Tentu saja ada! Hampir setiap orang memiliki media sosial dan memengunggah berbagai macam foto.Ternyata setiap anak-anak yang melihat berbagai postingan ini dapat membuat pola pikirnya semakin insecure lho untuk dirinya sendiri.

Bahkan akan berakibat semakin buruk seperti kehilangan berat badan yang drastis, gangguan mental, dan tidak nafsu makan. Biasanya kondisi ini muncul di saat seseorang mengalami depresi. 

Oleh karena itu, orang tua sangat berperan penting dalam membentuk pola pikir anak untuk mencintai dirinya sendiri. Ini cara yang dapat Moms lakukan agar anak mencintai dirinya sendiri!

1. Berikan batasan waktu bagi anak untuk bermain media sosial

Dengan memberikan waktu bermain media sosial juga akan membantu mereka untuk lebih mencintai diri mereka sendiri. Akan lebih baik bagi mereka untuk melakukan aktvitas dengan orang tua seperti jalan-jalan ke taman atau bermain bersama.

2. Tunjukkan sikap dan perilaku yang positif pada Anak

Sikap dan perilaku orang tua sangat berpengaruh lho kepada anak. Tetaplah memberikan energi positif kepada anak. Jika kamu ingin dia mencintai dirinya sendiri, maka kamu juga harus mencintai diri kamu sendiri, ya!

3. Mulailah percakapan tentang apa yang nyata dan apa yang tidak nyata

Moms, cobalah berbicara tentang apa yang nyata dan apa yang tidak nyata. Maksudnya disini adalah media sosial yang seakan-akan menunjukkan bagaimana bentuk tubuh yang indah.Ucapkan pada mereka bahwa apa yang ada di media sosial itu bukanlah nyata dan bukan bentuk tubuh yang sehat sehingga perkataan ini akan membuat mereka lebih berpikir lagi.

4. Berikan pujian terhadap keunikan yang dimilikinya

Banyak Anak yang merasa keunikannya menjadi kekurangan baginya dan membuatnya merasa insecure. Cobalah berikan pujian atas keunikan yang dimilikinya. Pujian yang kamu berikan akan berdampak positif bagi anak lho, Moms!

Untuk melihat anak yang mengalami gejala-gejala seakan terpengaruhi oleh media sosial sangat mudah,Moms. Jika Anak seringkali khawatir akan dirinya dan menghabiskan waktu di depan kaca untuk terlihat sempurna berarti Anak ini membutuhkan bantuan. Cobalah lakukan tips-tips di atas supaya mereka lebih mecintai diri sendiri.

Baca Juga: Moms, Begini Dampak Buruk Jika Si Kecil Terlalu Lama Menggunakan Popok Sekali Pakai!

Nah itu Moms cara supaya anak-anak dapat mencintai dirinya sendiri. Jika bukan kita sendiri yang mencintai diri kita sendiri lalu siapa lagi?