Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, membuat anak-anak harus melakukan kegiatan belajar jarak jauh secara online dari rumah. Hal ini bisa dibilang pengalaman baru untuk beberapa Moms. Nah, mungkin Moms masih bingung kira-kira apa saja yang harus dipersiapkan saat mendampingi anak kelas online. Dilansir dari laman your tango Senin (7/9/2020), Moms bisa lakukan hal-hal berikut ini.

1.Siapkan ruang belajar khusus yang nyaman untuk anak

Anak harus memiliki ruang khusus untuk kelas online sehingga mereka bisa fokus pada setiap materi yang disampaikan. Seorang pakar belanja, Trae Bodge dari Truetrae.com mengatakan, “Pisahkan antara ruang belajar dengan ruang istirahat agar anak anak-anak tidak belajar di tempat tidur mereka,”

Jika ruangan di rumah sangat terbatas, Moms tidak perlu khawatir. Bodge menyarankan untuk menggunakan meja lipat sebagai alternatif. Meja ini praktis karena bisa dilipat saat sedang tidak digunakan.

2.Kontrol aktivitas kelas online anak

Selama kelas berlangsung, anak akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di depan komputer. Sebagai orang tua, penting untuk memastikan anak tetap fokus pada materi pelajaran. Jika tidak diawasi, bisa-bisa anak asyik internetan dan lupa belajar. Moms, juga perlu tahu situs web dan aplikasi apa saja yang digunakan anak untuk kelas online. Hal ini perlu untuk menjauhkan anak dari hal-hal yang tidak pantas di internet.

3.Simpan perlengkapan sekolah di ruang belajar

Ruang belajar yang didesain rapi akan membuat anak semangat belajar dan fokus. Siapkan perlengkapan sekolah di ruang belajar. Seorang pengajar dan penulis Kimberly, A. Morrow, M.Ed., menyarankan untuk menggunakan papan tulis kecil.

"Ini adalah alat yang sangat baik untuk membantu anak-anak agar tetap fokus pada pelajaran seperti soal matematika sulit yang mereka kerjakan,"

Ia juga menambahkan,  jika ruangan terbatas, ada beberapa cara untuk menyimpan perlengkapan sekolah. Moms tidak perlu meghabiskan banyak uang untuk membeli rak mahal. Manfaatkan barang-barang yang ada di rumah seperti kotak sepatu, kaleng kosong atau wadah.

4.Sarankan agar anak menulis di buku catatan

Meskipun anak akan megikuti kelas secara virtual, Moms bisa menyarankan agar anak tetap menulis di buku catatan daripada mengetik di komputer. Menurut beberapa penelitian, informasi yang ditulis dalam tulisan tangan lebih efektif untuk pembelajaran. Anak-anak cenderung mengingat lebih banyak ketika mereka menulis daripada mengetik.

“Pastikan selain menyerahkan tugas secara virtual, anak-anak juga harus menulis tugasnya,” saran Morrow.

5.Beri apresiasi saat anak melakukannya dengan baik.

Seorang kepala sekolah dan penulis di San Fransisco Meredith Essalat, mengatakan apresiasi berupa pujian dan hadiah berperan besar untuk menambah motivasi belajar anak.

"Hadiah tidak harus mahal, minta mereka mengumpulkan uang receh atau kacang kering dalam toples. Jika sudah terkumpul banyak, anak bisa menukarnya dengan barang atau sesuatu yang mereka inginkan," katanya.

Hal ini berguna agar anak bisa menanamkan motivasi dan etos kerja dalam dirinya.  Jika mau bersabar dan mengikuti proses, mereka bisa mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan.

Essalat menambahkan, “Strategi ini dapat digunakan ketika pembelajaran virtual. Berilah pujian dan hadiah saat anak muncul tepat waktu di setiap kelas virtual, saat anak menyelesaikan semua tugas pelajaran dan saat anak membersihkan ruang belajar mereka di malam hari,” pungkasnya.