Beauty, mungkin kamu pernah bertanya-tanya kenapa hanya kamu saja yang jadi incaran para nyamuk. Padahal ada banyak orang dalam ruangan dan kamu menjadi satu-satunya orang yang didigit hingga bentol-bentol. Nyamuk mengambil darah manusia untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Tapi sebenarnya mereka tidak peduli siapa yang menjadi targetnya lho. Lalu kenapa kamu lebih disukai nyamuk?

Apapun cara yang kamu lakukan untuk mengusirnya. Faktanya, beberapa orang secara alami memang bisa menarik perhatian nyamuk dibandingkan orang lain.  Dilansir dari Reader’s digest, Senin (7/9/2020). ini alasan ilmiah kenapa nyamuk lebih tertarik padamu.

1. Napasmu menarik perhatian nyamuk

Nyamuk mengincar orang melalui cara bernapas mereka. Seorang ahli biologi vektor yang melakukan studi tentang nyamuk, Bart Knols, PhD, menjelaskan bahkwa karbon dioksida yang diembuskan orang bersama dengan bahan kimia dari kulit menciptakan bau yang dapat dideteksi oleh nyamuk dari jarak hampir 30 meter.

"Setiap orang mengeluarkan lebih dari 300 bahan kimia dari kulit dan lebih dari 100 saat mereka mengembuskan napas," kata Knols.

2. Bau badanmu menarik perhatian nyamuk

Bau badanmu dipengaruhi oleh keringat yang megandung berbagai senyawa kimia dan bakteri. Senyawa kimia yang ada pada kulit akan direspon secara berbeda-beda oleh nyamuk berdasarkan spesiesnya. Misalnya nyamuk Aedes aegypti tertarik pada asam laktat yang dihasilkan oleh keringat manusia dan nyamuk malaria Afrika tertarik pada asam lemak.

"Bakteri pada kulit memecah senyawa yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit kita, dan meghasilkan bau unik yang menarik untuk nyamuk. Jadi sebenarnya bukan kita yang menarik nyamuk, tapi bakteri pada kulit kita," kata Knols.

Baca Juga: Bukan Hoaks! Studi: Gigitan Nyamuk Tak Dapat Tularkan Virus Corona

Banyak mitos menyebutkan, nyamuk suka pada orang yang memiliki “darah manis” dan golongan darah berpengaruh. Sebagian lainnya percaya jika kita mengonsumsi vitamin B dan makan bawang putih dapat terhindar dari nyamuk , tapi Knols mencatat tidak ada data ilmiah yang mendukung klaim ini.  Nah, bagaimana cara megusir nyamuk? kamu hanya perlu rajin mandi setelah melakukan aktivitas berat, karena nyamuk suka pada orang yang berkeringat.