Menstruasi atau haid adalah siklus alami yang dialami oleh para Beauty setiap bulan. Siklus haid tersebut terjadi dalam waktu kurang dari sebulan, dimana ketika sedang haid wanita mengeluarkan darah melalui vaginanya.

Namun tahukah Beauty, ternyata warna darah pada saat haid apat menjadi tanda kondisi fisik seseorang wanita lho. Warna dari darah tersebutlah yang dapat menunjukan kondisi para Beauty sehat atau tidak. Berikut penjelasannya

Merah muda

Jika warna darah yang keluar pada saat Beauty sedang menstruasi berwarna merah muda hal ini terjadi karena darah haid tersebut bercampur dengan cairan serviks. Nggak hanya itu , darah yang berwarna merah muda pada saat menstruasi menunjukkan menurunnya kadar estrogen pada tubuh, kurangnya hormon estrogen juga dapat menyebabkan osteoporosis pada tulang. Warna merah muda pada darah mestruasi juga disebabkan oleh anemia dan cara diet yang tidak sehat.

Merah terang

Nggak hanya warna merah muda, ternyata untuk para Beauty juga mengeluarkan darah berwarna merah terang pada saat menstruasi. Darah haid yang berwarna merah terang menunjukan darah segar dan aliran darah stabil. Biasanya masa menstruasi dimulai dengan pendarahan merah cerah dan menggelap menjelang akhir periode haid. Warna merah terang pada darah haid juga menandakan bahwa tubuh dalam kondisi sehat.

Orange

Untuk para Beauty yang mengeluarkan darah berwarna orange pada saat menstruasi harus berhati-hati, karena darah atau cairan berwarna orange pada saat menstruasi sering kali mengindikasikan adanya infeksi, seperti vagionasis bakteria atau trikomoniasis. Adapun gejala yang dirasakan seperti Miss V terasa gatal, merasa tidak nyaman pada saat haid, dan keluarnya cairan berbau busuk. Sebaiknya segera periksakan ke dokter ya Beauty!

Hitam

Darah hitam biasanya merupakan darah yang membutuhkan waktu yang lama untuk keluar dari rahim. Biasanya, Beauty akan menjumpai darah haid berwarna hitam saat menjelang akhir menstruasi. Jangan khawatir, warna hitam pada darah saat menstruasi nggak menunjukan kondisi tubuh yang nggak baik kok Beauty.

Abu-abu

Ternyata warna abu-abu pada darah saat menstruasi menjadi pertanda buruk bagi organ reproduksi wanita. Hal ini terjadi karena warna abu-abu pada darah menstruasi menandakan alat reproduksi mengalami infeksi, seperti penyakit menular seksual dan infeksi menular seksual. Penyakit tersebut disertai dengan gejala seperti deman, bau busuk, rasa sakit atau gatal pada area vagina. 

Baca Juga: Wanita Perlu Tahu, Ini 5 Jenis Gangguan Menstruasi yang Enggak Boleh Kamu Abaikan!

Semoga bermanfaat ya!